Karawang akan Luncurkan Aplikasi Lowongan Kerja

Ilustrasi

POSBEKASI.COM | KARAWANG – Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Karawang, akan meluncurkan aplikasi lowongan kerja secara online. Aplikasi ini, akan menampilkan segala informasi yang berkaitan dengan lowongan kerja di wilayah ini.

Karenanya, aplikasi ini akan bersinergi dengan 1.753 perusahaan yang ada di wilayah yang terkenal dengan sebutan kota pangkal perjuangan ini.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Karawang, Ahmad Suroto, mengatakan, saat ini aplikasi tersebut sedang dalam tahap pengerjaan. Rencananya, Juni mendatang akan segera diluncurkan. Dengan adanya aplikasi ini, diharapkan bisa membantu warga Karawang untuk mendapatkan pekerjaan yang diinginkan.

“Tujuannya, aplikasi ini untuk memermudah warga dalam mencari pekerjaan,” ujar Suroto, melalui rilis yang diterima Republika.co.id, Jumat (1/3).

Tak hanya soal lowongan kerja, sambung Suroto, dalam aplikasi itu nantinya akan ada berbagai macam informasi. Mulai dari besaran upah, keterampilan khusus, serta keahlian teknis. Informasi ini, untuk mendukung proses best matching.

KLIK : Setiap Jumat, Emak Emak Keliling Beri Makan Anak Yatim, Pengemis dan Pemulung

Selama ini, lanjut Suroto, para pencari kerja mencari lowongan dengan cara manual. Yaitu, mendatangi pabrik ke pabrik. Atau, mendatangi job fair yang diselenggarakan sejumlah pihak. Sehingga, saat mencari kerja secara manual itu, menimbulkan antrean yang cukup panjang.

Karena itu, kedepan para pencari kerja tak perlu lagi mendatangi perusahan atau mengikuti job fair. Cukup dengan mengunduh aplikasi di smartphone, mereka bisa mencari lowongan kerja sesuai kemampuan dan keinginannya.

“Ada 1.753 perusahaan di Karawang. Ribuan perusahaan itu, wajib menyertakan informasi lowongan dan lainnya ke aplikasi itu,” ujar Suroto.

Akan tetapi, sambung Suroto, aplikasi ini hanya bisa diakses oleh warga Karawang asli. Sebab, saat log in hanya bisa dilakukan oleh pencari kerja yang berKTP Karawang.

Dengan begitu, aplikasi lowongan kerja ini merujuk pada Perbup No 08/2016. Yaitu, yang mengatur soal prioritas terhadap pencari kerja asli wilayah ini.[Republika]

Pin It