Melegenda

Pak Tino Sidin dan Penulis.

POSBEKASI.COM – Oleh: Chryshnanda DL

MELEGENDA atau menjadi legenda karena ada sesuatu karya ygan out of the box bahkan no box terus menginspirasi dari generasi ke generasi dari apa yang dihasilkan baik pikiran maupun perbuatannya.

Banyak sekali sesuatu yang melegenda dari orang, barang, tempat, kejadian, dan sebagainya. Manusianyalah yang dominan dan mendominasi karena yang memiliki ide yang mengemas, memaknai, memarketingkan hingga yang memanfaatkan adalah manusia. Manusia-manusia yang menjadi legenda adalah manusia luar biasa yang semasa hidupnya atau dalam proses hidupnya ada sesuatu yang istimewa.

Keistimewaan ini bukan tergantung dari apa yang dibuat sebagai standar pada umumnya. Seperti kasta, kekayaan, kepandaian, status sosial atau pangkat jaban. Walaupun kesemuanya itu bisa saja saling mempengaruhi dan saling mendukung satu sama lainnya. Menjadi legenda mungkin bukan suatu rencana atau direncanakan melainkan terus saja mengalir apa adanya dan keistimewaan yang terus memberi inspirasi.

Dalam bahasa Jawa dikenal ada kalimat munjuling apapak mbrojoling akerep. Siapa yang sering muncul dan siapa yang sering keluar. Pramudia Anantatoer mengatakan, orang boleh mengaku pintar atau sepintar apapun tatkala tidak menulis atau tidak ada karya yang ditinggalkan, maka ia akan digilas waktu. Vincent Van Goh mengatakan, “yang menjadi masalah bukan kematiannya namun setelah kematian apakah dikenang atau tidak”. Menjadi apa saja asalkan profesional dan terus menginspirasi akan dikenang sepang masa. Hidup itu pendek namun seni itu panjang pepatah Yunani mengatakan. Film yang meceritakan kelompok musik Queen dalam proses dan bagaimana Bohemian Rapshody mendunia mejadi catatan sejarah.

Apa yang dihasilkan oleh para kaum yang melegenda? Bisa saja dari pemikirannya walaupun semasa hidupnya belum berhasil mewujudkan bahkan hidupnya yang penuh kekeliruan hingga tragispun tetap dikenang. Ibu Kartini pejuang emansipasi. Jendral Sudirman, sang patriot terkenal dengan kegigihanya dalam berjuang mempertahankan kemerdekaan. Koes Plus Grup musik nasional yang hingga kini lagu-lagunya terus menginspirasi. Pelukis Jackson Pollock, Filsuf Nietchze, si jenius Albert Einstein, penemu microsoft bill gate, pendiri aple steve job, penulis komik Steenley, Anne Frank penulis buku harian yang menunjukkan kekejaman, ketertindasan kaum Yahudi dalam tekanan tentara Nazi Jerman dan banyak lainnya.

Pak Hoegeng, Kapolri legendaris dengan kejujurannya dan kebersahajaanya sebagai Polisi. Kaisar Meiji yang terkenal dengan kebijakannya memodernisasikan Jepang melalui Restorasi Meiji.

Melegenda bermakna menginspirasi dan meninggalkan karya abadi. Wiliam Shakes Piere, Enid Blyton, Sir Connan Doyle, Newton, Thomas Alva Edison bahkan hingga Slamet Gundono dalang wayang suketpun melegenda. Mbah Surip, Gombloh, Slank, Iwan Fals, Ebiet G Ade, banyak kaum-kaum yang menjadi legenda hidup di dunia ini.

Pertanyaannya, jika hidup ini datar-datar saja tidak ada makna dan isinya atau justru menjadi benalu, tiada karya hanya numpang ngetop numpang makan saja. Kaum-kaum yang malas dan lelah berpikir memang akan hanya jadi pupuk karena tiada yang ditinggalkan untuk dikenang atau dijadikan inspirasi. Perpanjangan setelah kematianya hanya nelong ndino, mit…..[]

Pin It

Leave a Reply

Your email address will not be published.