Komisi I DPRD Jabar Dongkrak Ekonomi Kerakyatan Melalui Pelatihan Wirausahawan

Para pemberi materi pelatihan wirausahawan yang dinisiasi DPRD Jabar di Kantor Lurah Tambun Selatan, Kamis 9 Agustus 2018.[IST]

TAMBUN | POSBEKASI.COM – Ketua Komisi I DPRD Jawa Barat, H.Syahrir,SE, fokus dan selalu eksis membantu serta memperhatikan perkembangan perekonomin masyarakat khususnya di Kabupten Bekasi.

“Untuk mendongkrak perkembangan perekonomian masyarakat, kita melakukan pelatihan kewirusahawan dengan menghadirkan pakar di bidang ekonomi,” kata Syahrir kepada Posbekasi.com terkait pelatihan program pemberdayaan ekonomi kewirausahaan masyarakat yang dilangsungkan di Kantor Desa Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi, Kamis 9 Agustus 2018.

Dikatakannya, dengn program Bank Jawa Barat Banten (BJB) sahabt usaha layanan masyarakat “Tanda Mata untuk Negeri” melatih puluhan wirausahawan untuk meningkatkan sumber daya manusia (SDM) dan perekonomian masyarakat.

“Dengan pelatihan ini, kita harapkan wirausahawan dapat lebih meningkatkan perekonomiannya di masyarkat, sehingga perekonomian masyarakat disekitar ikut lebih terdongkrang dengan pemeretaan ekonomian sehingga masyarakat lebih sejahtera,” terang Syahrir yang kembali mencalonkan diri sebagai legislatif DPRD Jabar daerah pemilihan Kabupaten Bekasi.

KLIK : Syahrir dan Putih Kibarkan Kesinambungan Kesejahteraan Masyarakat Kabupaten Bekasi

Sementara, koordinator pelatihan wirausahawan, Habudin Rizky, menyatakan pelatihan ini terselenggar berkat inisiasi Komisi I DPRD Provinsi Jawa Barat dan difasilitasi oleh Bank BNJB dari divisi kredit UMKM.

“Peserta pelatihan 25 orang berasal dari 5 desa di Kabupaten Bekasi, peserta pelaku UMKM dengan latar belakang kegiatan usaha beragam. Mulai dari usaha warung kelontong sampai dengan percetakan,” kata Habudin.

Pelatihan sehari ini lanjut Habudin, mebahas materi terkait strategi tumbuh dan bersaing, edukasi perbankan dan manajemen keuangan usaha.

“Peserta begitu antusias mengikuti kegiatan pelatihan, karena pelatihan menggunakan metoda pendidikan orang dewasa dengan metoda interaktif baik diskusi kelompok maupun game-game bisnis,” terangnya.

KLIK : 10 Kecamatan Bekasi Tergerus Kawasan Industri

Pembukaan pelatihan tersebut dilakukan Nana Rohana dari Group Head Business UMKM Regional II Bank BJB.

Nana Rohana menyampaikan pentingnya pelaku UMKM memiliki landasan keilmuan dalam menjalankan usaha sehingga usaha dapat tumbuh berkembang dan kuat.

“Untuk mendukung penumbuh kembangan pelaku UMKM Bank BJB telah memiliki program Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Terpadu (PESAT),” ungkapnya.

Terkait dengan peran Bank BJB lanjut Nana, sebagai bank yang memiliki concern dalam penumbuh kembangan UMKM Bank BJB memiliki produk pinjaman yang dapat diakses oleh pelaku UMKM yaitu Kredit Cinta Rakyat (KCR), Kredit Usaha Rakyat (KUR) dan Kredit Mikro.

“Pelaku usaha dapat menghubungi kantor layanan Bank BJB di Kantor Cabang Bekasi ataupun ditingkat KCP (Kantor Cabang Pembantu) di Kabupaten Bekasi,” katanya.[MIN/POB]

Pin It

Leave a Reply

Your email address will not be published.