Jelang Pemilu 2019, Hanya Ini Yang Boleh Dilakukan Parpol

14 Partai peserta Pemilu 2019

BEKASI, POSBEKASI.COM – Pemilihan Umum Legislatif dan Pemilihan Presiden 2019, KPU Kota Bekas  memberikan ruang bagi parpol di masa pilkada untuk melakukan berbagai kegiatan. Sebab, masa kampanye pesta demokrasi tahun depan baru dimulai pada 23 September 2018 mendatang.

Ketua KPU Kota Bekasi, Ucu Asmara Sandi, mengatakan kegiatan  Pemilu 2019 sebelum 23 September 2018 bisa dilakukan dalam dua bentuk. Pertama, pemasangan bendera parpol dan nomor urut. “Bukan kampanye namanya, tapi sosialisasi,” katanya.

Sementara kegiatan kedua yang diperbolehkan adalah penyelenggaraan pertemuan internal parpol dalam rangka pendidikan politik kader. Namun, kegiatan tersebut harus dikabarkan terlebih dahulu kepada KPU.

KLIK : Daftar Pemilih Dipajang Di Setiap Pos RW

Menurutnya, pemberitahuan penting demi menghindari potensi pelanggaran di luar masa kampanye. Jangan sampai, kata Ucu, kegiatan tersebut mendapat teguran dari Badan Pengawas Pemilu.

“Jadi akan melindungi KPU dan peserta dari perdebatan panjang apakah masuk kategori kampanye atau tidak,” tandasnya.

Sebagaimana diketahui, pilkada serentak tahun ini dijadikan persiapan oleh parpol untuk memanaskan mesin menjelang Pileg dan Pilpres 2019. Baik peserta pilkada maupun pemilu sama-sama mengharapkan efek timbal balik.[REL/POB]

Pin It

Leave a Reply

Your email address will not be published.