Panwaslu Kabupaten Bekasi Deteksi Potensi Kecurangan Pilkdes Serentak

Ilustrasi

CIKARANG, POSBEKASI.COM – Panwaslu Kabupaten Bekasi mendeteksi adanya potensi keterlibatan Kepala Desa di Pilgub Jawa Barat 2018.

Seperti adanya kepala desa yang ikut mendukung dan memenangkan pasangan calon.

Komisioner Panwaslu Kabupaten Bekasi, Khoirudin, mengatakan bahwa potensi keterlibatan kepala desa atau Aparatur Sipil Negara (ASN) masuk dalam peta kerawanan, namun ia mengaku sampai saat ini belum ada laporan atau temuan keterlibatannya.

KLIK : Pemkab Bekasi Gelontorkan Rp28 M untuk 154 Pilkades Serentak

“Adanya potensi keterlibatan kepala desa di Pilgub Jabar, juga karena di Kabupaten Bekasi akan menggelar Pilkades serentak di tahun ini. Disinyalir akan ada kepala desa yang ikut berafiliasi ke pasangan calon,” ujar Khoirudin seperti dikutip dari laman dakta.com, Senin 30 April 2018.

Dengan adanya potensi itu, pihaknya sudah melakukan antisipasi dengan selalu memberikan imbauan agar tidak boleh ikut mengkampanyekan calon, jika hanya bertemu saja diperbolehkan.

Khoirudin menambahkan, keterlibatan kepala desa termasuk kedalam kategori potensi keterlibatan Aparatur Sipil Negara yang menjadi fokus dalam kerawanan pemilu.

“money politik juga menjadi kerawanan kecurangan yang kerap dilakukan oleh masing-masing pasangan calon,” ungkapnya.[POB]

Pin It

Leave a Reply

Your email address will not be published.