Bekasi Online

KPU Perbaiki DPS Sampai 7 April

Pilkada 2018

posBEKASI.com, BEKASI – Komisi Pemilihan Umum(KPU) Kota Bekasi, telah menetapkan Daftar pemilih Sementara (DPS) untuk pilkada serentak 2018 sebanyak 1.383.018. Namun, KPU Kota Bekasi masih memperbaiki jumlah pemilih tersebut.

Ketua KPU Kota Bekasi, Ucu Asmara Sandi, mengatakan jika hasil DPS saat ini bukan final. Pihaknya masih akan melakukan evaluasi terhadap jumlah pemilih untuk ditetapkan sebagai Daftar Pemilih Tetap (DPT).

Sesuai jadwal tahapan,  penyampaian DPS kepada PPS pada tanggal 17-23 Maret. Kemudian, pengumuman dan tanggapan masyarakat terhadap DPS pada 24 Maret-3 April.

Sementara itu, terdapat perbaikan DPS pada tanggal 3-7 April, dilanjutkan rekapitulasi DPS hasil perbaikan tingkat kelurahan dan penyampaiannya beserta DPS hasil perbaikan kepada PPK pada 8-10 April.

Rekapitulasi hasil perbaikan tingkat kecamatan/kelurahan dan penyampaiannya kepada KPU/KIP Kota Bekasi pada 11-12 April.Kemudian, rekapitulasi DPS hasil perbaikan tingkat kota untuk ditetapkan sebagai Daftar Pemilih Tetap (DPT) pada, 13-19 April

Penyampaian DPT kepada PPS pada, 20-29 April. Rekapitulasi DPT tingkat provinsi 20-21 April hingga pengumuman DPT oleh PPS pada, 29 April-27 Juni.

“Kita masih punya waktu pada tanggal 3-7 April 2018. Masih ada perbaikan pemilih yang belum terakomodir. Contohnya yang mengalami perubahan data seperti nama atau NIK (Nomor Induk Kependudukan),” jelas Ucu.

Apalagi, hasil daripada Coklit, PPS/PPK menemukan 8.789 warga yang belum mempunyai Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-El) di Kota Bekasi.”Rinciannya, 4.573 pemilih laki-laki non KTP-El dan 4.225 pemilih perempuan non KTP-El,” tuturnya.

Sementara, masing-masing tim sukses Pilgub Jabar yang hadir yaitu, Fajar Arif Budiman dari pasangan nomor urut 1, dan Heri Purnomo dari nomor urut 3, serta timses Pilkada Kota Bekasi yang hadir yaitu, Komarudin dari timses paslon nomor urut 1 dan, Saefuddaulah dari nomor urut 2 mengapresiasi kinerja PPS/PPK dan KPU Kota Bekasi.

Menurut mereka, saat ini yang menjadi Pekerjaan Rumah adalah bagimana agar Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcasip) Kota Bekasi dapat memfasilitasi ribuan warga membuat KTP-El agar hak politiknya dapat tersalurkan.

“Kami berterimakasih kepada rekan-rekan KPU seluruh Komisioner dan PPS/PPK sudah bahu membahu membeberkan data yang saat ini tersaji hasil kerja keras dan dedikasinya. Kami meminta dengan sangat agar rbuan suara itu tidak terbuang sia-sia sehingga harus dibuatkan Surat Keterangan (Suket) sebagai syarat pemilih,” pungkas timses pasangan cagub Jabar  nomor urut 1, Fajar Arif Budiman.[REL/ISH/POB]

BEKASI TOP