Bekasi Online

Ganjil Genap di Tol Bekasi Barat dan Timur Mulai 12 Maret

Sistem Ganjil – Genap di Gerbang Tol Bekasi Barat dan Bekasi Timur diterapkan mulai 12 Maret 2018.

POSBEKASI.COM, BEKASI – Penerapan sistem Ganjil – Genap merembet ke Kota Bekasi. Pasalnya, mulai 12 Maret 2018, Dinas Perhubungan Kota Bekasi memutuskan sistem Ganjil – Genap kendaraan akan diberlakukan Gerbang Tol Bekasi Barat dan Bekasi Timur.

Pemberlakukan kebijakan Ganjil – Genap setiap hari kerja (Senin – Jumat) mulai pukul 06:00 – 09:00.

Kepala Bidang Lalu Lintas pada Dinas Perhubungan Kota Bekasi, Johan Budi, mengatakan dari  kajian Pemerintah Pusat Gerbang Tol Bekasi Barat dan Bekasi Timur menjadi penyumbang terbesar kendaraan yang masuk ke ruas tol Jakarta – Cikampek.

“Ini keputusan Pemerintah Pusat, kami tidak bisa bargaining (posisi tawar),” katanya Johan menyebut alasan diberlakukannya sistem Ganjil – Genap tersebut, Kamis 22 Februari 2018.

Pemerintah Pusat mengelaurkan tiga kebijakan untuk mengatasi kemacetan di tol Jakarta – Cikampek yakni, pertama memberikan lajur khusus untuk kendaraan bus, kedua mengatur jam operasional untuk angkutan barang/truk melalui sistem ganjil genap, dan ketiga sistem ganjil genap untuk mobil pribadi atau golongan 1.

“Di luar jam yang sudah ditentukan, kendaraan dibolehkan masuk melalui kedua gerbang tol tersebut,” katanya.

Sedangkan pembatasan operasional kendaraan barang dimulai dari ruas Tol Cawang sampai Karawang Barat (dua arah), terkecuali mobil pengangkut bahan bakar minyak (BBM) dan bahan bakar gas (BBG).

“Aturan ini tidak berlaku bagi kendaraan pimpinan negara, lembaga internasional, kendaraan pelat dinas, kendaraan pemadam kebakaran, ambulans, angkutan umum dan kendaraan kepentingan tertentu,” terangnya.

Sosialisasi Ganjil-  Genap di Gerbang Tol Bekasi Barat dan Timut sudah dimulai Kamis 22 Februari 2018 dan akan resmi diterapkan pada 12 Maret mendatang.

Untuk Ganjil – Genap ini disesuaikan nomor polisi kenderaan dengan tanggal, bila tanggal ganjil maka kenderaa yang memiliki nomor terakhir ganjil atau sebaliknya yang diperbolehkan memasuki gerbang tol tersebut.[ISH/PB]

BEKASI TOP