Bekasi Online

KPU Kota Bekasi Sebar 3.030 Panduan Coklit PPDP

KPU Kota Bekasi menyebar 3.030 buku Coklit untuk PPDP.[IST]
POSBEKASI.COM, BEKASI – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bekasi mulai menyebar 3.030 buku panduan pencocokan dan penelitian (Coklit) kepada Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP), Senin 15 Januari 2018.

“Buku ini untuk panduan proses Coklit PPDP yang akan dimulai 20 Januari sampai 18 Februari 2018 mendatang,” kata Komisioner KPU Kota Bekasi Divisi Tekhnis Perencanaan dan Data, Syafrudin, Selasa 16 Januari 2018.

Syafrudin menjelaskan, buku panduan yang disebar sesuai dengan jumlah PPDP yang telah di rekrut oleh Panitia Pemungutan Suara (PPS).

“PPDP nantinya dapat bekerja sesuai dengan buku panduan yang ada.” Kata dia.

Misalnya, PPDP ketika melakukan Coklit kemudian menemukan warga Kota Bekasi yang belum melakukan perekaman KTP-El dapat langsung dilaporkan kepada Dinas Kependudukan dan Catataan Sipil (Disdukcasip) Kota Bekasi untuk selanjutnya dilakukan perekaman.

Soalnya, KPU Kota Bekasi menargetkan sebelum hari H pelaksanaan pemungutan suara atau 27 Juni 2018, masyarakat Kota Bekasi sudah mempunyai KTP-El. Hal ini juga untuk mempermudah pelaksanaan Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019.

Karena itu, PPDP harus berperan aktif apabila masih menemukan masyarakat Kota Bekasi yang identitasnya masih berdasarkan Surat Keterangan (Suket). PPDP bisa langsung menghubungkan masyarakat itu ke Disdukcasip untuk dijadikan KTP-El. Sehingga, sebelum pada 27 Juni 2018 saat pemungutan sudah memiliki KTP-El.

Saat ini diketahui, KPU Kota Bekasi telah menerima berkas dua bakal pasangan calon (Bapaslon) yang mendaftarkan diri ke Kantor KPU Kota Bekasi pada, Rabu 10 Januari 2018.

Kedua Bapaslon yaitu, Rahmat Effendi-Tri Adhianto Tjahyono yang diusung Partai Golkar, Demokrat, Hanura, PKN, PPP dan PAN dengan perolehan 25 kursi di legislatif. Sementaran Bapaslon Nur Supriyanto-Adhy Firdaus Saady diusung oleh PKS dan Gerindra dengan perolehan 13 kursi di legislatif.

Mereka secara resmi akan bertarung dalam pesta demokasi lima tahunan setelah KPU Kota Bekasi menetapkan kedua Bapaslon sebagai Pasangan Calon (Paslon) pada, 12 Februari 2018, hingga pemungutan suara pada, 27 Juni 2018.[rel]

BEKASI TOP