Bekasi Online

Patriot AC: Wajibkah Tambah Freon Tiap Service AC Agan? [Bagian 4]

Teknisi Patriot AC mengecek freon di outdoor AC konsumen.{IST]

POSBEKASI.COM –  Perlu diketahui buat Agan, bahwa mengisi atau menambah freon air conditioner (AC) saat service adalah tidak wajib. Jangan analogikan menambah freon sama seperti menambah bahan bakar seperti pada mobil.

Ada pengakuan dari konsumen service AC yang selalu menambah freon setiap service AC di rumahnya. Kalau tidak ditambah khawatir tidak dingin, itu alasannya.

Padahal, teknisi AC sudah menyampaikan tidak perlu isi freon atau tambah freon karena tekanan Psi nya masih sesuai standar antara 70-80 Psi (sesuai type AC).

Mungkin ada yang berpikir, bahwa freon harus selalu ditambah setiap service rutin atau setiap melakukan perawatan rutin. Bahkan ada juga teknisi yang selalu mengarahkan untuk selalu menambah freon pada setiap service AC untuk menambah kocek sang teknisi tersebut (ciri-ciri teknisi gak jujur nih Gan…).

Freon AC, pada dasarnya berada dalam suatu sistem yang tertutup dalam suatu siklus pendinginan. Yaitu, dalam pipa dan dalam unit indoor maupun outdoor.

Sistem sirkulasi freon dalam unit AC dirancang untuk tidak perlu ditambah atau diisi freon setiap saat ataupun berkala. Freon tidak akan berkurang jika tidak ada kebocoran di pipa maupun unit AC.

Apa Penyebab Kebocoran Freon?

Freon hanya perlu diisi atau ditambah jika ada kebocoran pada pipa instalasi maupun unit indoor maupun unit outdoor. Kebocoran pipa dapat terjadi karena pemasangan sambungan pipa yang kurang rapat, keretakan pada pipa, keretakan akibat kesalahan flaring, atau pengelasan pipa yang kurang baik.

Kebocoran pipa juga dapat terjadi pada unit akibat faktor usia. Hal ini sering terjadi pada AC  yang usianya lebih dari 5 tahun ke atas.

Cara Mengatasinya

Kebocoran freon harus segera diatasi Gan, agar tidak merusak ozon dan tidak menjadi beban biaya konsumen setiap service. Cara mengatasi kebocoran freon disesuaikan dengan permasalahannya.

Jika kebocoran di pipa tentu perlu dilakukan pengelasan. Jika kebocorannya terjadi akibat perkaratan pipa, maka pipa perlu diganti yang sesuai. Jika kebocoran freon terjadi pada sambungan (neple) AC Agan, maka cukup diperbaiki instalasi pemipaan pada sambungan.

Jadi Agan tidak perlu menambah atau mengisi freon setiap service. Hanya cukup perawatan rutin dengan pencucian. Jika freon berkurang maka pasti ada kebocoran gan, Pastikan terlebih dahulu agar jika ada penambahan atau pengisian freon agar diperbaiki terlebih dahulu kebocorannya.

Makanya, disarankan ke Agan-Agan, cari teknisi yang jujur untuk ngecek AC Agan, belum tentu penyebab AC gak dingin terus minta nambah freon.[Patriot AC [Spesialist Tata Udara – Hubungi Call and SMS 0812 9374 1149, WhatsApp 0812 1031 8519]

BEKASI TOP