Bekasi Online

CBL In land Waterways Kurangi Kecamaten di Bekasi

Kali CBL.[DOK]
POSBEKASI.COM, CIKARANG – Pemerintah Kabupaten Bekasi menyambut baik rencana pelebaran Kali CBL (Cibitung-Bekasi-Laut) oleh Kementrian PU dan Perhubungan untuk dijadikan in land waterways.

Rencana in land waterways itu tidak mengubah tujuan utamanya sebagai saluran banjir (floodway) yang menampung aliran air dari lima sungai yakni, Sungai Cikarang, Sadang, Jambe, Pasir, dan Bekasi Hilir.

“CBL in land waterway nantinya akan dilengkapi dengan terminal peti kemas yang terkoneksi dengan akses antara terminal CBL dengan Jalan Tol Cilincing-Cibitung (JTCC),” kata Kepala Bappeda Kabupaten Bekasi, Slamet Supriyadi, beberapa waktu lalu.

Menurutnya, pembangunan tersebut akan dikerjakan Kementrian Pekerjaan Umum dan Perhubungan dan digunakan oleh PT Pelindo II. “Apabila digunakan maka hal itu akan mengurai kemacetan yang terjadi di jalan tol,” ujarnya.

Dikatakannya, CBL in land waterways diharapkan bisa dilalui kapal pengangkut peti kemas dengan pelebran yang diperlukan lebar bawah 55 meter dan kedalaman hingga – 4,5 mLWS.

Dimana Kanal CBL memiliki panjang 30 meter, mulai dari muara sampai dengan Bendung Cikarang dengan luas daerah tangkapan air 656,84 hektar. Kemampuan tampung banjir ulangan 100 tahun atau Q100 sesuai rencana sebesar 1.490 meter kubik perdetik.[MET]

4.

BEKASI TOP