Bekasi Online

Bripka Rohimah Mengabdi Tanpa Rasa Takut

Bripka Rohimah.[HSB]
POSBEKASI.COM, MUARAGEMBONG – Meski seorang wanita dan ibu rumah tangga, Rohimah seperti tidak memiliki rasa takut, bahkan satu-satunya wanita di lingkungan tempat dia bekerja tidak merasa canggung.

Profesinya sebagai anggota Polri membuat nyalinya dituntut harus berani, tidak saja kerab memanggul senjata berlaras panjang tetapi juga menantang ‘maut’ dengan mengarungi ombak di laut perairan Muara Gembong.

Rohimah, seorang Bintara Polisi Wanita (Polwan) berpangkat Brigadir Polisi Kepala (Bripka) yang baru empat bulan bertugas di Polsek Muara Gembong sebagai personel Binmas itu tidak canggung dengan kesendiriannya sebagai wanita di markas yang di pimpin AKP Sigit Sudarmono.

Di Satuan Binmas, Rohimah yang memiliki tanggungjawab dalam tugas pokok dan fungsinya seabrek, mulai melakukan pembinaan masyarakat, penyuluhan, pemberdayaan Perpolisian Masyarakat (Polmas), pengawasan masyarakat, koordinasi keamanan masyarakat baik dalam bentuk Pam Swakarsa (pengamanan swakarsa), Polsus (Perpolisian Khusus ), serta menjalin kerja sama dengan organisasi masyarakat, lembaga dan instansi swasta maupun negeri, menjalin silaturahim dengan tokoh masyarakat guna meningkatkan kesadaran dan ketaatan masyarakat sadar akan hukum dan peraturan perUndang-undangan serta terpeliharanya Kamtibmas.

Meski beban tugas yang berat, Bripka Rohimah tetap menjalankannya dengan kesungguhan dan penuh tangungjawab sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat.

Untuk menjalankan tugasnya, mengharuskan Bripka Rohimah menelusuri dari satu desa ke desa lainnya dengan menempuh perairan laut lepas yang membuatnya tangguh di hantam gelombang ombak.

“Sudah sering (Patroli Air) bersama Kapolsek maupun anggota untuk memantau kewilayahaan di perairan Muara Gembong. Begitu juga untuk menempuh desa-desa guna memberikan penyuluhan saya harus mengarungi laut dengan patroli air,” tutur Bripka Rohimah kepada posbekasi.com.

Polwan berusia 33 tahun itu menyatakan, dalam menjalankan tugas ia tidak merasakan takut apapun karena semua yang dilakukan semata-mata sebagai pengabdian pada negara.

“Saya tidak merasa terbebani ataupun terganggu, bagi saya ini sebuah pengabdian dalam memberikan keamanan pada masyarakat,” ucap Polwan yang sebelumnya bertugas di SDM Polres Metro Bekasi.

Sebelumnya, Bripka Rohimah yang turut mendampingi Kapolsek Mura Gembong AKP Sigit Sudarmono dan Kanit Intel Aipda Dede Dahmudi, menelurusi jalur tikus di perairan laut Muara Gembong untuk memantau dan mengantisipasi tindak kejahatan penyeludupan, Selasa 18 Juli 2018.

“Sebagai Bhayangkara, tugas dan kewajiban harus dilaksanakan. Jadi tidak ada rasa takut, karena apa yang dilaksanakan tidak lain untuk memberikan rasa aman dan nyaman pada masyarakat. Jika ada penjahat melawan, siap kita beri tembakan peringatan dan melumpuhkan penjahat,” tegas Bripka Rohimah yang pernah bertugas di Satuan Intelkam Polsek Muara Gembong itu.[HSB]

4.

BEKASI TOP