Bekasi Online

Jalur MRT dari Balaraja Sampai Cikarang

Pembangunan jalur MRT.[IST]
POSBEKASI.COM, JAKARTA – Direktur Utama MRT, William Sabandar mengatakan pihaknya bersama pemerintah akan membangun MRT fase 3 dan 4. Pembangunan akan diminta fokus untuk mengembangkan fase 3 dan 4 tersebut dari timur ke barat Jakarta.

William menjelaskan fase 3 dan 4 tersebut nantinya melintas mulai dari Balaraja, Tangerang sampai Cikarang, Kabupaten Bekasi. Jalur tersebut merupakan jalur yang diperuntukkan untuk masyarakat pinggiran Jakarta.

“Itu tadi kami rapatkan apa yang sedang kami persiapkan, jalur timur dan barat itu mulai dari Balaraja ke Cikarang sepanjang 87 kilometer. Tadi arahan Pak Menko, kita akan fokus yang ke timur-barat fase yang di Jakarta yaitu 27 km mulai dari Kembangan sampai Menteng,” ujar William saat ditemui di Kantor Kemenko Maritim, Jakarta, kemaren.

William mengatakan selain membahas terkait fase 3 dan 4 MRT, pihaknya juga melaporkan perkembangan dari pembangunan MRT fase 1 dan 2. Menurutnya, Fase 1 sudah selesai dibangun. Saat ini, untuk pembebasan lahan sudah selesai diurus.

Namun,untuk Fase 2 yaitu rute Bundaran HI ke Kampung Bandan baru akan dimasukan ke dalam blue book pemerintah. Saat ini prosesnya sudah sampai pada pemerintah pusat.

“Proses fase 2 sekarang, yang fase utara-selatan dari bundaran HI ke Kampung Bandan itu akan dimasukkan ke dalam blue book. Sedang dalam proses. Kalau yang fase 1 sudah, kalau fase 2 sedang dalam proses di pusat, sekarang sedang dipercepat,” ujar William seperti dikutip dari laman republika.co.id.

William menargetkan pembanguan Fase 2 Jalur Bundaran HI Kampung Bandan akan mulai dibangun pada tahun depan. Pemerintah meminta kepada MRT untuk fase 2 ini juga bisa lebih efisien daripada fase 1.

“Target kita tahun depan, kita mulai konstruksi fase 2. Arahannya ya minta yang fase pertama kita pikirkan skenario yang efisien, yang memungkinkan teknologi terbaik untuk negara ini. Itu arahan Pak Menteri,” ujar William.[ROL]

4.

BEKASI TOP