posbekasi.com

Sore Nanti 92.252 Kenderaan Padati Arus Balik Liburan

Arus balik lebaran di jalan Tol.[IST]
Kemacetan arus balik liburan.[DOK]
POSBEKASI.COM – Arus balik liburan panjang Isra’ Miraj, Senin 24 April 2017, diprakirakan meningkat dan menglami kepadatan arus lalulintas didalam tol dari Cikampek menuju Jakarta.

Prediksi lonjakan arus balik tersebut disampaikan Assistant Vice President Corporate Communication PT Jasa Marga Cabang Bekasi Dwimawan Heru Santoso.

“PT Jasa Marga Jakarta-Cikampek Cabang Bekasi memprediksi akan terjadi lonjakan arus balik  pada Senin 24 April 2017, diprakirakan lonjakan meningkat 24 persen atau 92.252 kenderaan dari lalu lintas normal 74.384 kendaraan,” kata Dwimawan, di Kabupaten Bekasi, Minggu 23 April 2017.

Menurutnya, untuk waktu peningkatan kenderaan itu terjadi pada sore hingga malam, guna mengantisipasi kepadatan tersbut Jasa Mara akan menempatkan petugas pada titik-titik rawan kemacetan.

‘Petugas Polisi Jalan Raya (PJR), petugas layanan jalan tol (LJT), derek gratis, keamanan dan ketertiban, dan rambu lalu lintas, serta petugas penanganan perbaikan jalan tol, kebersihan jalan tol, penerangan jalan umum, serta respons genangan air, mulai pagi disiagakan,” katanya.

Dikatakannya, Jasa Marga juga memersiapkan berbagai cara untuk mengurai kemactean didalam tol dengan rekayasa lalu lintas (contra flow).

“Nanti kita lihat dilapangan, daerah rawan macet akan dilakukan contra flow untuk memecah dan mengurai macet,” katanya.

Sedangkan titik rawan yang diprakirakan terjadi peningkatan volume kenderaan adalah pada Km 66, dari arah Bandung, Cipali, dan Cikampek menuju arah ke Jakarta.

“Pada tempat peristirahatan di Km 62, 52, 42, dan Km 32, juga akan memberlakukan rekayasa lalu lintas dengan pemikiran daerah tersebut adalah salah satu jalur rawan kemacetan,” terangnya.[MET]

BEKASI TOP