Bekasi Online

Kejari Karawang Segera Limpahkan Kasus Kades Parungmulya

Kejari Karawang.[DOK]
Kejari Karawang.[DOK]
POSBEKASI.COM – Kejaksaan Negeri Kabupaten Karawang, segera melimpahkan dua kasus pemerasan pengusaha limbah yang melibatkan Asep Kadarusman, Kepala Desa Parungmulya, Kecamatan Ciampel.

“Dua kasus itu akan segera dilimpahkan ke Pengadilan Tindak Pidana Korupsi,” kata Kepala Seksi Pidana Khusus Kejaksaan Negeri setempat Titin Herawati Utara, di Karawang, Rabu 4 Januari 2017.

Dua kasus yang sebelumnya ditangani Polres Karawang dan akan segera dilimpahkan ke Pengadilan Tipikor ialah kasus pemerasan pengusaha limbah yang melibatkan Asep Kadarusman, Kepala Desa Parungmulya, Kecamatan Ciampel.

Dalam kasus tersebut, Kades Parungmulya sebelumnya telah ditetapkan sebagai tersangka oleh pihak kepolisian, karena telah merugikan negara sekitar Rp2,7 miliar.

Modus yang dilakukan tersangka ialah memeras pengusaha yang mengurus izin yang nilainya miliaran rupiah. Alasannya, uang yang diminta kepada pengusaha itu akan dimasukkan ke kas desa, tapi uangnya justru masuk ke kantong pribadi.

Satu kasus lainnya yang juga perkara limpahan Polres Karawang dan akan segera dilimpahkan ke Pengadilan Tipikor oleh Kejari Karawang ialah kasus penggelapan dana desa tahun 2015 yang melibatkan Komarudin, Kepala Desa Cilewo, Kecamatan Telagasari.

Tersangka ditangkap karena menggelapkan dana desa sebesar Rp 96 juta. Dana tersebut sebenarnya untuk pembangunan gedung Pendidikan Anak Usia Dini. Tapi pembangunannya dilakukan tidak secara keseluruhan.

Dari hasil pemeriksaan, Kades Cilewo itu telah menggelapkan dana desa tahun 2015 untuk memperkaya diri sendiri. Selain itu, dia mengakui uangnya dipakai untuk biaya hiburan malam.

Titin menyatakan, seluruh berkas perkara seperti tersangka maupun saksi-saksi, serta alat bukti dan dokumen lainnya sudah siap untuk dilimpahkan ke Pengadilan Tipikor Bandung.

Pihak Kejari Karawang juga sudah mempersiapkan jaksa penuntut umum untuk menangani masing-masing perkara yang akan disidangkan nanti.[ANT/RON]

BEKASI TOP