Bekasi Online

Polsek Muara Gembong Sisir Perairan Antisipasi Penyeludupan Narkoba dan Orang

Kapolsek Muara Gembog AKP Sigit Sudarmono.[DOK]
Kapolsek Muara Gembog AKP Sigit Sudarmono.[DOK]
POSBEKASI.COM – Jajaran Kepolisian Sektor (Polsek) Muara Gembong, Polres Metro Bekasi, harus memiliki keahlian dan kecakapan ganda dalam menjaga wilayahnya yang merupakan daratan dan laut.

Tidak seperti di jajaran kepolisian lainnya yang merupakan wilayah daratan, anggota Polsek Muara Gembong ini harus mampu memberi pengayoman, pelindung dan pelayanan pada masyarakatnya yang berada di pulau.

Dimana patroli yang dilakukan tidak saja di daratan yang menggunakan kenderaan mobil tetapi juga harus menggunakan kapal atau speedboat patroli untuk dapat menjangkau pulau-pulau yang masuk dalam wilayah Polsek Muara Gembong.

Halnya, Kanit Patroli Aipda M Muji bersama anggotanya harus menyisir pulau-pulau dengan patroli air dalam memantau Kamtibmas warga yang berada di pulau.

Luas wilayah Muara Gembong sekitar 13.000 Ha dengan penduduk 45.000 jiwa yang berda di daratan dan pulau terdiri dari 6 desa, yakni Desa Jayasakti, Desa Harapan Jaya, Desa Pantai Mekar, Desa Pantai Sederhana, Desa Pantai Bakti dan Desa Pantai Bahagia.

Anggota Polsek Muara Gembong melakukan patrol air.[SUB]
Anggota Polsek Muara Gembong melakukan patrol air.[SUB]
Wilayah utara berbatasan dengan pesisir laut pantai Jawa, wilayah timur berbatasan dengan Kabupaten Karawang, wilayah selatan berbatasan dengan Kecamatan Cabang Bungin – Kecamatan Tambelang dan Kecamatan Babelan. Sedangkan wilayah barat berbatasan dengan pesisir pantai laut Jawa arah Teluk Jakarta.

Penyisiran patroli air ke kampung-kampung nelayan yang berada di pulau itu digiatkan guna mengantisipasi tindak kejahatan tidak hanya dari penyeludupan narkotika tetapi juga penyeludupan dan perdagangan orang (trafficking).

“Patroli air dilakukan guna antisipasi kejahatan yang sulit ditempuh dengan kendaraan bermotor untuk itu dilaksanakan kegiatan patroli air dan memberikan rasa aman kepada masyarakat di kepulauan. Kita juga mengantisipasi masuknya jalur penyeludupan narkoba atau penyeludupan orang,” kata Kapolsek Muara Gembog AKP Sigit Sudarmono,SH, di Muara Gembong, Jumat 30 Desember 2016.[SUB]

BEKASI TOP