Bekasi Online

Antara Cacian dan Tugas Mulia Polantas

Kanit lantas Polsek Metro Setu, Ipda Herry Setiawan, saat menyeberangkan anak-anak SD untuk berangkat sekolah.[IMA]
Kanit lantas Polsek Metro Setu, Ipda Herry Setiawan, saat menyeberangkan anak-anak SD untuk berangkat sekolah.[IMA]
POSBEKASI.COM – Tiga anggota Satuan Lalulintas Polsek Setu mengikuti rapat analisa dan evaluasi (anev) selama dua minggu di Polres Metro Bekasi untuk lebih meningkatkan kinerja anggota Polantas dalam melayani masyarakat.

Kapolres Metro Bekasi Kombes Pol M Awal Chairuddin,Sik,Mh melalui Kapolsek Setu AKP Agus Rohmat,SH, menyatakan kegiatan tersebut sangat penting untuk mengkontrol dan meningkatkan layanan, penegakkan hukum dan disiplin berlalulintas termasuk penanganan kecelakaan lalulintas.

Selanjutnya, dapat memberi contoh berlalulintas yang baik kepada semua pengendara tanpa pungutan liar (pungli), bayar denda dan titip sidang. Sekaligus memberi pemahaman pada masyarakat dan penegakkan disiplin di jalan raya saat mengemudi.

Terlebih lagi, penegakan operasi pemberantasan pungli (OPP) oleh Polri, diharapkan masyarakat dapat bekerjasama dengan Polri untuk pemberantasan OPP dengan cara tidak memberi suap atau apapun dalam berurusan kepada Polantas.

Oleh karena itu, Polri dalam tugasnya melindungi, mengayomi dan melayani masyarakat, Kanit Lantas Polsek Setu Metro Bekasi yang memimpin rapat ini melakukan evaluasi mendalam hingga kinerja anggota Polantas dapat ditingkatkan lebih professional, modern dan terpercaya (Promoter).

Kanit Lantas Polsek Setu Ipda Herry Setiawan bersama anggotanya.[RAD]
Kanit Lantas Polsek Setu Ipda Herry Setiawan bersama anggotanya.[RAD]
Tak dapat dihindari, beban tugas Polantas yang berat dan kerap mendapat cemooh, caci maki, bahkan hinaan dari pengguna jalan raya. Namun demikian, hal itu diangap lumrah sebagai masukan untuk meningkatkan kinerja Polantas yang melaksanakan tugas mulianya.

Sebab itu, Polantas yang menerima pesan negatif tidak harus mundur atau menjadi surut dalam melaksanakan tugasnya, justru harus lebih giat dan mantaf dalam melayani masyarakat.

Disamping kesan negatif, bagaimanapun keberadaan Polantas sangat dibutuhkan masyarakat. Untuk itu, anggota Polantas harus tabah, sabar dan humanis dalam menjalankan tugasnya.

Tidak kenal waktu dan cuaca, baik pagi, siang, sore bahkan malam hari dalam keadaan cuaca panas terik maupun hujan, merupakan pengabdian sebagai anggota Bhayangkara yang sering harus meningglkan waktu kebersamaan dengan keluarga.

Karena itu, hasil dari rapat anev yang dilakukan seluruh jajaran Satlantas Polres Metro Bekasi diharapkan dapat lebih baik lagi dalam menunjang kinerja dan dirasakan oleh masyarakat.

Sebagaimana atensi Kapolsek Setu lebih mengedepankan problem solving dalam setiap permasalahan yang terjadi di wilayah hukum Polsek Setu patut ditanggapi dan direspon masyarakat dengan patuh hukum demi terjaganya Kamtibmas. Semoga !

[Kepala Seksi Humas Polsek Setu Aiptu Parjiman]

BEKASI TOP