Bekasi Online

DPRD Minta Perekaman e-KTP Selesai Sebelum Pilkada Kota Bekasi

Ilustrasi
Ilustrasi

POSBEKASI.COM – DPRD Kota Bekasi mengimbau Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil setempat segera merampungkan perekaman Kartu Tanda Penduduk elektronik sebelum perhelatan Pilkada 2018.

“Saat ini Disdukcapil sudah merealisasikan target wajib e-KTP bagi warga sebanyak 1,4 juta-an dari target 1,6 juta jiwa dan mereka optimistis target akan terpenuhi sebelum Pilkada,” kata Ketua Komisi A DPRD Kota Bekasi, Ariyanto Hendrata di Bekasi, Sabtu 22 Oktober 2016.

Dikatakan Ariyanto,, pihaknya merasa perlu memverifikasi langsung laporan data tersebut guna memastikan kesiapan e-KTP sebagai persyaratan bagi pemilih Pilkada di wilayahnya.

“Saya meminta kepada Disdukcapil untuk melaporkan progress updating perekaman dan pencetakan KTP setiap 3 bulan sekali ke Komisi A dan KPU sebagai user pengguna,” katanya.

Menurut perundangan dan peraturan KPU terbaru, kata dia, basis data pemilih memang wajib menggunakan data KTP-elektronik. “Jadi, warga yang tidak merekam dan membuat KTP elektronik terancam tidak dapat memilih dalam Pilkada,” katanya.

Proses perekaman e-KTP yang kini hanya tersisa 200 ribu jiwa tidak boleh dianggap remeh oleh Penyelenggara, sebab kendala teknis kerap terjadi sewaktu-waktu.

“Bisa saja blankonya habis atau alat rusak dan sebagainya sehingga proses perekaman terhambat. Itu perlu diperhatikan juga oleh penyelenggara,” katanya.

Pihaknya sampai saat ini masih melakukan pembahasan terkait pengajuan anggaran operasional Pilkada 2016 sebesar Rp56 miliar.

“Kita sedang pertimbangan pentingnya sejumlah angaran kegiatan apakah ideal atau justru hanya menghamburkan uang saja,” katanya.[ANT/BEN]

BEKASI TOP