Kapolri: Pilkada Harus Damai

Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian.[DOK]

Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian.[DOK]

POSBEKASI.COM – Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian, menyatakan tolak ukur keberhasilan pemilihan kepala daerah serentak yang rencananya akan dilaksanakan pada 2017 harus diwarnai dengan kesejukan dan kedamaian.

“Dalam peranannya meminta kepada Polres Metro Bekasi, bersama Panwaslu untuk mengawal dan mengawasi jalannya pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2017,” katanya di Kabupaten Bekasi, kemaren.

Dalam Pilkada pada Februari 2017 kata Tito, kepolisian dan pegawai negeri sipil lainnya harus bersikap netral dalam menjalankan fungsi kinerjanya masing-masing. Namun keberhasilan Pilkada ditentukan dari sikap Komisi Pemilihan Umum, Bawaslu, dan seluruh jajaran keamanan untuk berlaku netral dan tidak memihak.

Selain itu juga mengingatkan kepada pasangan calon dan pendukung harus memberikan semangat positif, media juga harus memberitakan yang sejuk, jangan memihak satu sama lain.

Politik di Indonesia saat ini sudah beranjak dewasa dengan menginjak usia yang ke-18. Sehingga sebagai negara demokrasi tidak seharusnya membuat konflik yang merugikan masyarakat banyak.

“Indonesia sudah berjalan selama 18 tahun, kedewasaan sikap politik diperlukan untuk menjaga demokrasi Republik Indonesia,” katanya.[ANT/BEN]

Pin It