Bekasi Online

Aksi Komplotan Pembius Sopir Truk Berakhir di Karawang

Ilustrasi
Ilustrasi

POSBEKASI.COM – Komplotan spesilalis pembius sopir truk pengangkut barang berhasil diringkus jajaran Polres Karawang.

Dalam menjalankan aksinya, tersangka SR (30 tahun), warga Kampung Kaungucip, Desa Lemah Karya, Kecamatan tempuran Indramayu dan NS (38 tahun) warga kampung Kranjan, Desa/Kec Lemah Abang, Kabupaten Indramayu ini selalu menggunakan obat penenang jenis xanax kepada korbannya dengan cara mencampurkannya kepada minuman atau makanan.

Setelah korban tak sadarkan diri, para pelaku membawa kabur barang berharga milik korban dan kendaraannya. Komplotan ini sedikitnya telah melakukan aksi tersebut di 10 tempat kejadian perkara (TKP)  di wilayah Karawang, Indramayu, Purwakarta, Cianjur, dan Cimahi.

Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Pol Drs Yusri Yunus mengatakan, komplotan ini berhasil diringkus jajaran Polsek Cikampek, Polres Karawang pada Senin 26 September 2016 sekitar pukul 07.00 WIB di Jl Tegalsari, Desa/Kecamatan Tegalsari, Kabupaten Karawang. Komplotan ini, kata dia, beroperasi di jalur yang biasa dilalui truk pengangkut barang yang dalam keadaan kosong. Modus operandinya mereka berpura-pura akan mengangkut barang ke daerah tertentu.

Biasanya sopir dan kernet truk terlebih dulu akan diajak makan atau ngopi sebelum mengangkut barang. ‘’Saat diajak makan atau ngopi inilah pelaku mencampurnya dengan obat bius jenis xanax. Obat penenang yang biasa digunakan untuk penderita sakit jiwa ini akan beraksi dalam hitungan menit. Setelah tak sadar komplotan ini kemudian beraksi,’’ujar Yusri kepada para wartawan, Selasa 27 September 2016.

Dari tangan komplotan ini polisi menyita sejumlah barang bukti hasil kejahatan. Selain itu polisi juga menyita satu unit mobil Toyota Avanza Nopol D 800 I yang biasa digunakan untuk menjalankan aksinya. Dari pengakuan kedua tersangka, mereka pernah beroperasi di 10 TKP antara lain di Indramayu, Karawang, Cianjur, Sukabumi, dan Cimahi. ‘’Sasarannya adalah mobil bak atau truk pengangkut barang,’’ tutur Yusri.[ROL/BEN]

BEKASI TOP