Bekasi Online

DPT Pilkada Kabupaten Bekasi Bertambah

Ilustrasi
Ilustrasi

POSBEKASI.COM – Jumlah daftar pemilih tetap (DPT) untuk Pikada Kabupaten Bekasi 2017 bertambah menjadi 2,7 juta jiwa.

“Jumlah pemilih pada Pemilihan Presiden 2014 hanya 2,07 juta jiwa lebih ditinjau dari daftar pemilih tetap,” kata Ketua KPU Kabupaten Bekasi Idham Kholik, Selasa 19 September 2016.

Penambahan pemilih KPU Kabupaten Bekasi, telah menerima daftar penduduk potensial pemilih pilkada (DP4) dari Kementerian Dalam Negeri melalui aplikasi sistem pendaftar pemilih milik KPU RI.

Tetapi dari informasi Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil daerah setempat ada peningkatan jumlah penduduk, oleh sebab itu KPU melakukan pendataan ulang hak pilih yang digunakan pada Pilkada 2017.

“Ini dilakukan sebagai bentuk antisipasi kemungkinan kecurangan dari partai politik. Selain itu sebagai bentuk antisipasi adanya nama pemilih yang sama. Dalam pemilihan ini KPU memberi perhatian serius kepada warga yang memiliki hak memilih. Serta pada prinsipnya KPU hanya menyediakan surat suara untuk pemilih yang beralamatkan Kabupaten Bekasi,” terang Idham.

Secara prinsipil katanya, hak pilihnya hanya orang yang sudah memiliki kartu tanda penduduk elektronik setempat atau surat keterangan dari Disdukcapil.

“Jadi dalam pelaksanaan pemilihan kepala daerah nanti dapat dilakukan antisipasi kekurangan kartu suara yang langsung diminta dari KPU Pusat,” katanya[BEN]

BEKASI TOP