Bekasi Online

Nasib Pembangunan Underpass Tambun

Pembangunan Underpass Tambun.[Dok]
Pembangunan Underpass Tambun.[Dok]
POSBEKASI.COM – Kepala Sub Bagian Bidang Tata Ruang dan Infrastruktur Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Bekasi Evi Mutia mendesak pemerintah pusat merampungkan pembangunan Jalan Underpass Tambun yang terbengkalai sejak Mei 2015.

“Pembangunannya terhenti karena pemerintah pusat gagal melakukan lelang tahun 2015 lalu,” katanya di Cikarang, kemaren.

Menurut dia, proyek senilai puluhan miliar rupiah itu saat ini telah mencapai tahap 50 persen rampung berupa pembangunan fisik jalan kolong.

Namun demikian, akses jalan itu belum bisa dilalui kendaraan, karena belum sempurna sepenuhnya.

Evi memprediksi, proyek itu dapat kembali bergulir pada April mendatang dan bisa sepenuhnya rampung tahun 2016.

“Mudah-mudahan bulan depan sudah bisa dilanjutkan. Dan tahun 2016 ini segera selesai pembangunannya,” katanya.

Dikatakan Evi, selama proyek tersebut terbengkalai, banyak masyarakat pengguna jalan yang perotes dengan situasi kemacetan lalu lintas di lokasi tersebut.

“Namun pemerintah daerah tak bisa berbuat banyak, karena pembangunannya dilakukan oleh pemerintah pusat. Kami hanya bisa mendesak segera diselesaikan,” katanya.

Evi berharap pemerintah pusat konsisten melakukan pembangunan proyek tersebut untuk bisa menyelesaikan pembangunannya pada akhir 2016.

Selama perencanaan pembangunan Jalan Underpass Tambun, Pemkab Bekasi telah melakukan pembebasan lahan seluas 1,2 hektare dengan anggaran sekitar Rp15 miliar dari APBD Kabupaten Bekasi 2014.

Sementara itu, Adi Warsono (32) warga Tambun mengatakan jalur Mangunjaya hingga ke utara menuju jalur utama di Kabupaten Bekasi tak bisa dilalui pengendara akibat terbengkalainya proyek tersebut.

“Saya harus berputar jauh untuk bisa menuju ke jalan utama. Seharusnya 30 menit, sekarang karena berputar ke Cibitung memakan waktu 1 jam,” katanya.

Warga yang hendak menuju akses pintu tol saat ini diharuskan memutar menuju Jalan Diponogoro, Tambun sampai ke Cibitung.[ANT/FER]

BEKASI TOP