Bekasi Online

509 Napi Karawang Terima Remisi

Ilustrasi
Ilustrasi

POSBEKASI.COM – Sebanyak 509 warga binaan atau narapidana di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Warung Bambu, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, mendapat remisi Hari Ulang Tahun Republik Indonesia.

Kepala Lapas Karawang Zaenal Arifin, di Karawang, kemaren, mengatakan, dari 509 warga binaan yang mendapat remisi, 11 orang di antaranya bisa langsung bebas.

Ia menyatakan, seluruh warga binaan yang mendapat remisi itu telah memiliki beberapa syarat, seperti berkelakuan baik dan taat terhadap aturan di dalam Lapas Karawang. “Rata-rata, warga binaan mendapatkan remisi antara satu hingga enam bulan,” katanya.

Menurut dia, pada dasarnya remisi bagi warga binaan Lapas itu bukan hanya berupa hadiah untuk sekedar bebas dari masa tahanan.

Motivasi lainnya ialah sebagai sarana meningkatkan kualitas diri, guna mendorong warga binaan agar kembali memilih jalan yang benar.

Sementara itu, Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana yang hadir dalam pemberian remisi warga binaan Lapas Karawang, mengatakan, remisi merupakan suatu instrumen untuk mendorong semangat narapidana yang berkelakuan baik.

Melalui remisi, juga dapat mempercepat proses kembalinya warga binaan dalam kehidupan masyarakat.

Sehingga mereka mempunyai kesempatan menginternalisasikan nilai-nilai ke masyarakat secara tepat serta memperbaiki kualitas hubungan antara warga binaan dan keluarganya.[ANT/BES]

BEKASI TOP