Bekasi Online

Pemkab Bekasi Dinilai Lemah Menyediakan Fasos

Kantor Bupati Bekasi.[DOK}
Kantor Bupati Bekasi.[DOK}
POSBEKASI.COM – Dewan Perwakilan rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bekasi, menilai Pemkab Bekasi lemah mendorong pengusaha menyediakan fasilitas sosial dan umum di lingkungan industri maupun perumahan.

“Dalam peranannya pemerintah daerah juga tidak mecatat jumlah fasos dan fasus yang telah dikerjakan oleh pengusaha,” kata Anggota Komisi IV DPRD Kabupaten Bekasi, Nurdin Muhidin, kemaren.

Selama 25 tahun kawasan industri dibuka di Kabupaten Bekasi kata Nurdin, tidak ada data jumlah fasos dan fasum yang di serahkan ke pemerintah daerah setempat. Ini membuktikan lemahnya pengaturan dan pengawasan dari pemerintah daerah dalam mengelola fasilitasnya adalah salah satu faktor utama dari kinerja yang belum sesuai.

Untuk itu perlunya pendataan agar dapat dilakukan pemetaan daerah. Dan dapat dipergunakan oleh masyarakat sekitarnya. Permasalahan fasilitas umum dan sosial ini membuat masyarakat sekitar menjadi bingung. Ini dikarenakan banyaknya fasus dan fasum yang diklaim milik swasta.

Padahal lahan milik Pemkab Bekasi tersebar di kawasan industri. Oleh karena itu perlunya pemetaan ulang dan penanganan khusus. Tetapi hal tersebut tidak dilakukan oleh pemerintah daerah setempat. Sebagai penyebabnya warga menjadi kesulitan untuk memanfaatkannya.

Peranan pemerintah daerah harusnya menetapkan aturan dan melihat kebutuhan rakyatnya guna peningkatan kesejahteraan bersama.

Salah satu contoh dalam penanganan sekolah negeri yang setiap tahun terus mengalami penurunan bangunan. Seharusnya pemerintah daeraha setempat lebih mengutamakan kebutuhan pendidikan guna meningkatkan kwalitas anak didik bangsa.

Tetapi hal itu tidak dilakukan secara benar, sehingga banyak anak didik yang tidak mendapatkan tempat untuk mendulang ilmu pendidikan. Selain itu juga fasilitas kesehatan yang kurang memadai di tingkat kecamatan , kelurahan dan pesesaan. Bangunan puskesmas yang ada untuk saat ini hanya ada di tingkat kecamatan, tetapi sering kalinya petugas melalaikan fungsi dan tugas jabatannya.[ANT/FER]

BEKASI TOP