Bekasi Online

Kampung Sawah “Pancasila” Bangun Toleransi Tinggi

Walikota Bekasi, Rahmat Effendi.[IDH]
Walikota Bekasi, Rahmat Effendi.[IDH]
POSBEKASI.COM – Walikota Bekasi, Rahmat Effendi, deklarasikan Kampung Sawah di Kelurahan Jatimurni, sebagai kampung Pancasila sebagai kemauan dari masyarakat setempat mengingat keragaman suku, ras dan agama yang saling bertoleransi dan menjaga kerukunan.

Rahmat Effendi mengatakan masyarakat ingin menjadikan sebagai kampung persaudaraan, tetapi persaudaraan adalah suatu hal perwujudan dari Pancasila .

Kelurahan Jatimurni yang ikut lomba desa dan kelurahan pada tingkat nasional 2016 mewakili Provinsi Jawa Barat mengandalkan masyarakat yang heterogen ketoleransiaan yang sudah terbentuk berpuluh tahun,

“Kampung Sawah merupakan miniatur NKRI yang terdiri dari bermacam macam ras agama dan suku semua ada di kota bekasi dan tercermin di kampung sawah,” jelasnya, Senin (2/8/2016).

Toleransi yang sudah terbangun sejak lama mengangkat Kampung Swah menjadi perbandingan daerah daerah lain untuk menjaga keragaman masyarakatnya. “Tidak hanya daerah yang berada di indonesia luar negri pun sering berkunjung ke Indonesia, terakhir ke Dubes Amerika Serikat berkunjung ke Kampung Sawah ini,” katanya.[IDH]

BEKASI TOP