posbekasi.com

Pasar Proyek jadi Wisata Kota Tua Bekasi

Kawasan yang dijadikan kota tua dan objek wisata Kota Bekasi.[DOK]
Kawasan yang dijadikan kota tua dan objek wisata Kota Bekasi.[DOK]
POSBEKASI.COM – Dinas Tata Kota Bekasi, menetapkan kawasan Pasar Proyek, Kecamatan Bekasi Timur, sebagai potensi tujuan wisata kota tua dan membuka kesempatan sayembara desain kota tua tersebut hingga akhir Juli 2016.

“Lokasinya berada di Jalan Mayor Oking, Jalan Ir H Djuanda mengarah ke Stasiun Kota Bekasi,” kata Kepala Seksi Analisa Guna Lahan Dinas Tata Kota Bekasi Johan di Bekasi, kemaren.

Area Pasar Proyek dan sekitarnya yang terhubung dengan stasiun merupakan kawasan kota lama Bekasi yang potensial untuk ditata ulang agar menjadi salah satu ikon kota tua Bekasi sekaligus objek wisata baru di Kota Bekasi.

Kawasan Pasar Proyek Kota Bekasi bukan hanya dikenal sebagai pusat perbelanjaan, namun juga sarat dengan sejarah perjuangan kemerdekaan.

Nama Jalan Mayor Oking diambil dari seorang pejuang kemerdekaan yang memimpin pasukan Siliwangi menumpas penjajah Inggris yang ingin menguasai Sukabumi sekira tahun 1948.

Selain itu, kawasan tersebut juga terkenal dengan kerukunan warga dengan dominasi keturunan Tionghoa.

Di Jalan Mayor Oking juga terdapat sebuah klenteng berusia ribuan tahun bernama Hok Lay Kiong yang menjadi simbol kerukunan masyarakat setempat.

Dikatakan Johan, gagasan pihaknya menjadikan kawasan Pasar Proyek sebagai destinasi wisata kota tua akan direalisasikan dengan upaya revitalisasi sejumlah fasat.

“Kita akan sayembarakan desain kota tua yang menarik untuk diterapkan di Pasar Proyek. Semua masyarakat berhak mengikuti sayembara tersebut,” kata seraya membuka kesempatan sayembara desain kota tua tersebut hingga akhir Juli 2016.[IDH]

BEKASI TOP