Bekasi Online

Jalan Chairil Anwar Dilintasi Becakayu

Pembangunan Tol Becakayu.[DOK]
Pembangunan Tol Becakayu.[DOK]
POSBEKASI.COM – Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kota Bekasi, memastikan ruas Jalan Chairil Anwar, Bekasi Timur, akan dilintasi jalur tol layang Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu).

“Sudah ada surat keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Permukiman Rakyat bahwa ujung jalan Tol Becakayu berada di Kecamatan Bekasi Timur,” kata Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Bekasi, Juhana Lufti di Bekasi, kemren.

Semula, jalur tol itu direncanakan melintasi jalan utama Kota Bekasi yakni Jalan Ahmad Yani.

Namun Pemkot Bekasi menolak usulan tersebut karena akan merusak estetika kawasan protokol Kota Bekasi, sehingga diusulkan untuk diubah ke Jalan Kemakmuran.

Menurut dia, surat keputusan itu sekaligus memastikan bahwa jalur tol yang semula melintas di sekitar Jalan Ahmad Yani dan Jalan Kemakmuran, Bekasi Selatan, dibatalkan.

“Jadi kalau selama ini ujung jalan tol layang itu selalu berubah-ubah, sekarang sudah dipastikan di Bekasi Timur,” ujarnya.

Dikatakan Jumhana, pembangunan jalan di sisi selatan Kalimalang itu kini terus dikerjakan mulai dari Kampung Melayu, Jakarta menyusuri Jalan Kalimalang-Jalan M Hasibuan-Jalan Chairil Anwar dan berakhir di Ganda Agung, Kota Bekasi.

Proyek fisik jalan layang tol tersebut membutuhkan 580 unit tiang penyangga.

Pembangunan dimulai dari seksi pertama dari Jalan DI Panjaitan, Casablanca, Jakarta Timur sampai Jakasampurna, Bekasi Barat sepanjang 11,8 kilometer.

Adapun seksi kedua dimulai dari ruas Jakasampurna, Bekasi Barat sampai Bekasi Timur.

Pembangunan tol Becakayu ditargetkan selesai pada 2017 mendatang dengan biaya konstruksi pembangunannya menggunakan dana dari PT Waskita Karya sebesar Rp4 triliun.[ANT/MET]

BEKASI TOP