Bekasi Online

4.706 Petugas SE Beksi Ikuti Pelatihan

Sensus Ekonomi 2016.
Sensus Ekonomi 2016.

POSBEKASI.COM – Sebanyak 4.706 petugas Sensus Ekonomi (SE) 2016 di Kota Bekasi, mengikuti pendidikan dan pelatihan yang digelar selama 28 Maret – 23 April 2016.

“Pemberian diklat kepada petugas tersebut merupakan salah satu upaya Badan Pusat Statistik Kota Bekasi untuk memperoleh data yang akurat,” kata Kepala BPS Kota Bekasi Slamet Waluyo di Bekasi, Senin (28/3/2016).

Pelaksanaan pelatihan tersebut tersebar di tiga hotel yakni Hotel Horison Bekasi, Hotel Aston Bekasi dan Hotel Merapi Merbabu Bekasi.

Para petugas dibagi ke dalam 157 kelompok yang akan menjalani pelatihan selama masing-masing empat hari.

Dikatakan Slamet, pelatihan tersebut diberikan kepada Petugas Pencacah Lapangan dan Petugas Pemeriksa Lapangan.

Mereka diberikan bekal pelatihan terkait upaya pendekatan rumah tangga maupun usaha selama sensus berlangsung.

“Pendekatan rumah tangga dilakukan secara door to door untuk mengetahui langsung jenis usaha warga bersangkutan yang mungkin tidak terlihat jelas,” katanya.

Penggaliannya dilakukan dengan metode wawancara, termasuk perihal pertanyaan yang harus dilontarkan kepada masyarakat.

Sementara pendekatan usaha dilakukan dengan mendatangi langsung tempat-tempat usaha semisal perkantoran, toko, pabrik, pusat perbelanjaan, dan lainnya.

Sejak jauh-jauh hari, kata Slamet, BPS telah memberikan sosialisasi kepada pengusaha agar tidak menolak kehadiran petugas dan dapat bekerja sama dengan menyampaikan informasi seakurat mungkin.

“Pengusaha tak perlu takut, kerahasiaan informasi yang mereka sampaikan terjamin undang-undang. Maka saat didatangi petugas, terima dengan baik dan sampaikan informasi apa adanya,” katanya.

Dia menambahkan, Sensus Ekonomi yang akan dilaksanakan 1-31 Mei 2016 itu nantinya akan menghasilkan gambaran peta usaha di Kota Bekasi.

Akan terlihat juga karakteristik usaha khas di suatu wilayah, sehingga bisa membantu pemerintah dalam menentukan pengambilan kebijakan terkait.[IDH]

BEKASI TOP