posbekasi.com

Durasi Waktu ‘Closing Statement’ Debat Terakhir Capres-Cawapres Ditambah

Anggota KPU RI August Mellaz menjawab pertanyaan awak media usai menggelar rapat persiapan debat ketiga bersama pihak tim pasangan calon presiden/wakil presiden serta TV penyelenggara debat di Kantor KPU RI, Jakarta, Rabu (3/1/2024). ANTARA/Hana Kinarina

posBEKASI.com | JAKARTA – Komisioner KPU RI August Mellaz mengaku, terdapat tambahan waktu dua menit pada segmen terakhir debat kelima capres-cawapres. Jika pada debat-debat sebelumnya closing statement  (pernyataan akhir-red) diberi waktu dua menit, pada debat terakhir nantinya menjadi empat menit.

“Di segmen keenam (terakhir) itu dua menit menjadi empat menit tanpa mengubah durasi total pelaksanaan debat 120 menit. Pada saat rapat evaluasi yang terkahir rapat koordinasi ada usulan dari tim paslon khusus di debat kelima ini,” kata Mellaz dalam keterangan persnya, Sabtu (3/2/2024).

Mellaz mengatakan, masyarakat Indonesia bisa menyaksikan penyelenggaraan debat kelima capres-cawapres Pilpres 2024, di JCC Senayan, Jakarta, Ahad (4/2/2024) pukul 19:00 WIB.

“Secara prinsip waktu dan segmen dari pelaksanaan debat tidak mengalami perubahan. Khusus di debat kelima ini pada segmen penutup ini ditambahkan alokasi waktu untuk masing-masing paslon yang biasanya,” ujar Mellaz.

Meski mengalami perubahan waktu pada segmen closing statement, Mellaz memastikan, prosedur penyelenggaraan debat kelima sudah diatur rapih. Diharapkan, closing statement tiap paslon capres bisa memantapkan pilihan untuk para pemilih Pemilu 2024.

“Kami sudah kelola itu, sudah atur dan kemudian nanti di khusus segmen keenam atau penutup. Maka alokasi waktu untuk closing statement dari masing-maisng capres akan dipenuhi sebanyak empat menit masing-masing paslon,” ujarnya. [rri]

BEKASI TOP