posbekasi.com

Debat Capres Putaran 2, Ribuan Personel Polda Metro Amankan Seputaran Istora Senayan

Karo Penmas Divisi Humas Polri yang masih menjabat Kabid Humas Polda Metro Jaya Brigjen Pol Trunoyudo Wisnu Andiko. [Posbekasi.com /Ismail Hasibuan]

posBEKASI.com | JAKARTA – Polda Metro Jaya mengerahkan 3.041 personel gabungan untuk mengamankan acara Debat Calon Presiden (Capres) putaran ke-2 yang digelar di Istora Senayan, Gelora Bung Karno, Jakarta Pusat, Ahad (7/1/2024).

“Untuk pengamanan kita kerahkan 3.041 personel gabungan,” kata Karo Penmas Divisi Humas Polri yang masih menjabat Kabid Humas Polda Metro Jaya Brigjen Pol Trunoyudo Wisnu Andiko di Jakarta, Ahad (7/1/2024).

3.041 personel gabungan itu terdiri dari 2.877 personel Polri (Satgaspus 727 personel, Satgasda 2.000 personel, dan Satgasres 100 personel), 120 personel TNI (TNI AD 100 personel dan POM AD 20 personel), serta 94 personel Pemda DKI (Satpol PP 40 personel, Dishub 35 personel, Derek 5 personel dan Damkar 14 personel).

“Pengamanan personel gabungan Polri, TNI dan Pemerintah Propinsi DKI, sesuai dinamika hakekat tugas fungsi sasaran pengamanan kegiatan Debat Capres Cawapres ke 3 melalui satgas Preemtif, Preventif, Humas dan Bantuan Operasi,” tutur Trunoyudo.

Trunoyudo menerangkan dari 12 pintu akses di kawasan GBK, beberapa di antaranya juga akan dilakukan penutupan sebagain bagian dari pengamanan.

Pintu akses yang ditutup yakni pintu 1, 2, 3, 4, 6, 9, 11, dan 12. Sedangkan untuk pintu 5 dan 8 hanya digunakan untuk akses keluar.

“Sedangkan untuk pintu 7 dan 10 digunakan untuk pintu akses masuk dan keluar,” katanya.

Trunoyudo menuturkan Ditlantas Polda Metro Jaya juga menyiapkan rekayasa lalu lintas di sekitar kawasan GBK. Namun, penerapan rekayasa lalu lintas ini bersifat situasional, tergantung pada kondisi dan situasi di lapangan.

Sementara, Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro., mengatakan telah melakukan pemetaan di lokasi untuk menentukan Pengamanan dan penempatan Personel di Ring 1, Ring 2 dan Ring 3 area luar kawasan GBK.

“Kami sudah menempatkan Personil dan sterilisasi di Ring 1 area debat, area Paslon dan tamu undangan, kemudian di Ring 2 dan Ring 3 sektor terluar pintu keluar masuk ke kawasan GBK hingga di kantong kantong Parkir,” ujarnya.

Lebih lanjut Kapolres Metro Jakarta Pusat mengatakan lokasi debat berada di dalam area kawasan GBK sehingga belum ada penutupan jalan, rekayasa lalu lintas secara situasional bila nanti dibutuhkan. “Untuk penutupan atau pengalihan arus lalu lintas kita nanti melihat dinamika situasi dilapangan, kita juga ingin masyarakat yang akan beraktivitas di sekitar kawasan GBK tidak terganggu,” sambungnya.

KPU sudah membuat aturan main debat bagi Capres maupun tata tertib bagi para pendukung Paslon, kita tinggal melaksanakan teknis Pengamanannya. Dalam Pengamanan ini, kami tekankan kepada seluruh Anggota selalu bersikap Persuasif dan Humanis,” tegasnya.

Dengan persiapan dan kesiapan Pengamanan yang sudah dijalankan, Kapolres Metro Jakarta Pusat mengajak kepada semua pihak untuk selalu menjaga keamanan dan ketertiban selama gelaran debat Capres berlangsung,” pungkasnya.

Berikut rekayasa lalu lintas yang disiapkan Ditlantas Polda Metro Jaya:

1. Arus lalu lintas yang dari Jalan Gatot Subroto yang akan menuju ke Jalan Gerbang Pemuda diarahkan lurus ke Jalan Gatot Subroto arah Slipi

2. Arus lalu lintas dari arah Jalan Asia Afrika diarahkan lurus ke arah Jalan Hang Tuah Raya

3. Arus lalu lintas yang dari Bundaran Senayan yang akan menuju ke Jalan Pintu Senayan diarahkan lurus ke Jalan Jenderal Sudirman. [ish/zul]

BEKASI TOP