posbekasi.com

Apresiasi KPID Jabar, Ineu: Minta KPID Tingkatkan Peran Mengawal Insan Pers

Wakil Ketua DPRD Provinsi Jawa Barat, Dr. Hj. ineu Purwadewi Sundari, S.Sos., MM, pada acara Malam Anugerah Penyiaran KPID Jawa Barat ke-16 tahun 2023 dengan tema “Mengukuhkan Demokratisasi Penyiaran Untuk Jawa Barat dan Indonesia”, di Graha Asia Plaza Sumedang, Kamis 31 Agustus 2023. [Posbekasi.com /DPRD Jabar]

posBEKASI.com | SUMEDANG – Wakil Ketua DPRD Provinsi Jawa Barat, Dr. Hj. ineu Purwadewi Sundari, S.Sos., MM, bersama Pimpinan dan Anggota Komisi I DPRD Provinsi Jawa Barat, menghadiri acara Malam Anugerah Penyiaran KPID Jawa Barat ke-16 tahun 2023 dengan tema “Mengukuhkan Demokratisasi Penyiaran Untuk Jawa Barat dan Indonesia”, di Graha Asia Plaza Sumedang, Kamis 31 Agustus 2023.

“DPRD Jabar mengapresiasi peranan KPID Provinsi Jawa Barat yang telah mengimplementasikan Undang-undang Negara serta mengawasi penyiaran di Jawa Barat,” kata Ineu Purwadewi Sundari dalam sambutannya.

Ditambahkannya, DPRD Jabar mengapresiasi karena dari tahun ke tahun peranan KPID menunjukan grafik yang sangat baik.

“Tentunya grafik ini ditingkatkan menjadi lebih baik lagi terutama dalam mengawal serta bekerja sama dengan mitra para insan media,” ucap Ineu.

Sementara, Ketua Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Jabar, Adiyana Slamet, mengungkapkan sejatinya Anugerah KPID Jabar ke-16 ini diselenggarakan untuk memberikan apresiasi tertinggi terhadap insan dan lembaga penyiaran untuk tetap bisa memberikan manfaat bagi masyarakat.

“Kami meyakini bahwa jawa Barat ini adalah miniatur Penyiaran Indonesia yang kemudian harus menjadi pedoman untuk menghidupkan kembali ruh dari penyiaran. Sehingga sayup-sayup demokratisasi penyiaran ini harus digaungkan kembali,” kata Adiyana.

Anugerah Penyiaran KPID Jawa Barat ini melibatkan 85 peserta yang terdiri dari lembaga penyiaran TV/ Radio ini 309 karya. Dengan rincian, kategori radio sebanyak 144 karya, kategori TV sebanyak 93 karya, dan kategori umum sebanyak 72 peserta.

Dalam acara pemberian penghargaan itu, dilakukan pula deklarasi gerakan lembaga dan insan penyiaran agar tetap bisa independen dan tidak menyebarkan berita hoax dalam masa Pemilu 2024 mendatang.

“Maka dari itu KPID Jawa Barat mengimbau kepada lembaga penyiaran untuk menjaga independensi agar tidak partisan. Supaya masyarakat bisa menerima informasi politik dengan utuh. Sehingga pemilu yang akan dilaksanakan pada 14 Februari 2024 berjalan dengan semestinya,” ujar Adiyana. [pob]

BEKASI TOP