posbekasi.com

Polres Matro Bekasi Kota Tanam Pohon Serentak di Mapolsek Bekasi Utara

Kapolres Metro Bekasi Kota Kapolres Kombes Pol Dani Hamdani bersama jajarannya menanam pohon di Polsek Bekasi Utara, Rabu 23 Agustus 2023. [Posbekasi.com /Ismail Hasibuan]

posBEKASI.com | BEKASI – Polda Metro Jaya proaktif menjaga lingkungan dan bumi dengan turut serta dalam gerakan penanaman 100 ribu pohon dilaksanakan serentak 34 Polda di seluruh Indonesia melalui virtual zoom meeting yang dipimpin langsung Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo dari Pulau Rinca Taman Nasional Komodo, Nusa Tenggara Timur (NTT) disela-sela kegiatan ASEAN Ministerial Meeting On Transnational Crime (AMMTC) +3 ke-17 diikuti 34 Polda, seluruh Polres dan Polsek di Indonesia.

Kapolres Metro Bekasi Kota Kapolres Kombes Pol Dani Hamdani bersama Pejabat Utama Polres Metro Bekasi Kota, Kapolsek Bekasi Utara Kompol Arwan A, Wakapolsek AKP Fatholi, PJU Polsek Bekasi Utara, Bhabinkamtibmas jajaran Polsek Bekasi Utara dan Dinas Lingkungan Hidup Kota Bekasi.

Sementara, Polda Metro Jaya melaksanakan kegiatan penanaman pohon tersebut yang dihadiri Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Karyoto, Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono, Pejabat Utama Polda Metro Jaya dan Forkopimda bertempat di Mapolsek Kalideres Jakarta Barat serta wilayah Polres jajaran Polda Metro Jaya, Rabu 23 Agustus 2023.

Program “Polri Lestarikan Negeri Penghijauan Sejak Dini secara Hybrid bersama dengan Kapolda dan Kapolres Seluruh Indonesia” adalah gagasan Kapolri serta merupakan rangkaian dari kegiatan AMMTC ke-17 tahun 2023 pertemuan Kapolri dengan Para Kepala Kepolisian ASEAN di Labuan Bajo pada tanggal 20 s.d. 24 Agustus 2023.

Kapolda Metro Jaya mengungkapkan dukungannya kepada upaya pemerintah untuk mengurangi polusi udara yang saat ini dalam kondisi tidak sehat. Selain itu juga mendukung upaya pemerintah dalam ketahanan pangan di Indonesia khususnya di DKI Jakarta.

Karo SDM Polda Metro Jaya Kombes Pol Langgeng Purnomo megatakan bahwa tujuan penanaman 100 pohon pule dan kayu putih upaya untuk mengatasi kekeringan dan atau abrasi disekitaran bantaran sungai Kalideres.

Kegiatan penanaman pohon ini juga merupakan wujud nyata kolaborasi antara aparat Kepolisian dengan masyarakat. Warga setempat turut bergabung dalam aksi ini, menunjukkan adanya kesadaran bersama dalam menjaga alam dan mewujudkan lingkungan yang lebih sehat dan lestari.

Langgeng menambahkan bahwa “Peran Polisi tidak hanya sebatas penegakan hukum, tetapi juga terlibat aktif dalam kegiatan sosial yang bermanfaat bagi masyarakat dan lingkungan,” imbuhnya.

Langgeng berharap penanaman 100 ribu pohon yang didominasi tanaman buah seperti alpukat, durian, jambu dan jenis pohon sengon serta jati tersebar di wilayah Polres jajaran Polda Metro Jaya ini dapat memberi manfaat untuk menjadikan lahan yang kosong lebih produktif dan manfaatnya juga bisa dirasakan langsung oleh masyarakat sekitar.

Lebih lanjut, kegiatan ini juga menjadi ajang edukasi bagi masyarakat tentang pentingnya menjaga lingkungan demi keberlangsungan hidup yang lebih baik.” pungkasnya. [mil]

BEKASI TOP