posbekasi.com

Libur Sekolah, Yok! Wisata Religi ke Galeri Rasulullah

Salah satu ruangan Galeri Rasulullah di Masjid Al Jabbar, Kecamatan Gedebage, Kota Bandung. [Posbekasi.com /Istimewa]

posBEKASI.com | BANDUNG – Libur sekolah segera tiba, sebagian dari kita ingin ke Masjid Raya Al Jabbar yang telah menjadi ikon baru Kota Bandung, menghadirkan Galeri Rasulullah, di Kecamatan Gedebage, Kota Bandung.

Galeri Rasullulah ini, pengunjung bisa menambah wawasan tentang perkembangan agama Islam, bahkan hingga di Jawa Barat.

Di Galeri Rasullulah terdapat sejumlah diorama kehidupan sosial masyarakat Timur Tengah di masa syiar Islam. Menariknya, sebagian besar informasi bisa diakses hanya dengan sekali sentuh di layar melalui perpaduan teknologi visual dan cahaya yang memikat.

Galeri Rasullah diresmikan 27 Maret 2023, di dalamnya terbagi 5 ruangan dengan tema yang berbeda. Kelimanya menampilkan kisah perkembangan agama Islam mulai dari perkenalan, zaman sebelum kenabian, era Makkah, Madinah serta masuknya Islam di Jawa Barat.

Selain ditampilkan melalui kekuatan visual, juga terdapat deskripsi dari masing-masing visual, sehingga memudahkan pengunjung untuk memahami masing-masing tema yang disuguhkan. Tak kalah menarik, replika perabotan serta baju perang di era masa tersebut juga tersimpan rapi.

Manager Operasional Galeri Rasulullah, Edian Rudiana, mengatakan teknologi canggih tersebut dimaksudkan agar pengunjung semakin tertarik mempelajari sosok Rasullulah SAW dan perkembangan Islam di seluruh dunia.

“Kami berharap dengan adanya Galeri Rasulullah  ini dapat menjadi ruang edukasi bagi pengunjung. Sekitar 70 persennya disematkan teknologi canggih agar semakin menarik untuk di lihat dan dipelajari,” kata Edian, Jumat 16 Juni 2023.

Untuk menunjang tampilan informasi, pengguna bisa membaca berbagai deskripsi seputar perkembangan Islam, termasuk memahami Al Quran menggunakan teknologi interactive touch read. Melalui teknologi ini, hal-hal yang ingin diketahui bisa diakses hanya dengan menyentuhnya.

Edian menerangkan bagi calon pengunjung harus mendaftar secara online. Pendaftaran bisa diakses melalui website resmi DKM Masjid Raya Al Jabbar: https://aljabbar.jabarprov.go.id/.

“Warga sangat antusias, tiket akan dibuka setiap pukul 12.00 WIB untuk lima hari ke depan. Sekitar 30 menit, kadang sudah habis, antreannya cukup banyak,” terangnya.

Ini jadwal operasional Galeri Rasulullah

1. Galeri Rasulullah hanya dibuka setiap Rabu hingga Ahad.

2. Waktu pukul 13.00 hingga 17.00 WIB.

3. Untuk sementara, kunjungan ke galeri Rasulullah masih gratis.

4. Akses menuju Galeri Rasulullah dibatasi 120 orang per hari, untuk menghindari kapasitas berlebihan. [arh]

BEKASI TOP