posbekasi.com

Maria Londa Ratu Lompat Jauh Asia Tenggara

Pelompat jauh Indonesia Maria Natalia Londa melakukan lompatan pada nomor lompat jauh putri SEA Games 2023, di Stadion Morodok Techo National Stadium, Phom Penh, Kamboja, Rabu (10/5/2023). Maria Natalia Londa berhasil merebut medali emas usai melakukan lompatan terjauh 6,28 meter (Foto: Antara/Muhammad Adimaja)

posBEKASI.com | JAKARTA – Pelompat jauh Indonesia Maria Natalia Londa menjadi ratu lompat jauh Asia Tenggara. Dia sukses menyumbangkan medali emas di SEA Games ke-32, Kamboja 2023. Maria berhasil merebut emas pada nomor lompat jauh putri di Morodok Techo National Stadium, Phnom Penh, Kamboja, Rabu 10 Mei 2023.

Atlet kelahiran Denpasar, Bali, 29 Oktober 1990 itu berhasil setelah melakukan lompatan sejauh dengan 6,28 meter. Maria mengalahkan rivalnya dua atlet Vietnam yakni Thi Thu Thoa Bui di posisi kedua dengan lompatan sejauh 6,13 meter, dan Thi Loan Bui di posisi tiga dengan lompatan sejauh 6,02 meter.

Usai laga Maria mengaku sangat bersyukur bisa kembali mempersembahkan emas. Ia menyebut pencapaian prestasi ini berkat kerja keras dan motivasi.

Maklum, pada SEA Games sebelumnya di Vietnam, dia dapat hanya dapat dua perunggu. “Bersyukur bisa meraih emas. Saya tidak pernah menyerah terus berlatih dan bekerja keras sehingga bisa raih emas,” ujarnya.

Tambahan emas saat ini menambah koleksi medalinya sepanjang berkiprah dalam pesta olahraga terbesar di Asia Tenggara. Kini Maria sudah mengoleksi 6 emas, 6 perak, dan 4 perunggu.

Dua medali emas diperolehnya di SEA Games ke-27 Myanmar tahun 2013, dua emas pada SEA Games ke-28 di Singapura tahun 2015, dan satu emas pada SEA Games ke-30 di Filipina tahun 2018.

Pada SEA Games ke-31 di Vietnam, Maria gagal memenuhi target emas. Dia hanya membawa pulang dua perunggu dari dua nomor yang diikuti yakni lompat jauh dan lompat jangkit.

Di SEA Games ke-32, Kamboja 2023, Maria sebelumnya mendapat satu perak di nomor lompat jangkit. Setelah itu, dia sukses menyumbangkan emas di nomor lompat jauh. [rri/ant]

BEKASI TOP