posbekasi.com

Menhub Ingatkan Maskapai Tidak Naikan Tiket Secara Sepihak

Bangunan Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Majalengka, Jawa Barat.[ANT]

POSBEKASI.com | JAKARTA – Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengingatkan maskapai penerbangan untuk tidak menaikan harga tiket secara sepihak. Terlebih, menjelang libur Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah.

Pada musim mudik lebaran, kata Budi, kebutuhan tiket pesawat akan meningkat. Banyaknya masyarakat yang ingin mudik atau berlibur menggunakan jalur udara.

“Tolong untuk tidak menaikkan tarif sewenang-wenangnya kita tahu saudara kita butuh untuk mudik. Jadi untuk operator supaya lebih kooperatif, jangan menaikkan satu tarif yang berlebihan,” kata Budi dalam keterangannya, Sabtu (24/3/2023).

Karena itu, Budi memastikan akan ada sanksi kepada maskapai yang nekat menaikkan harga melewati batas ketentuan. “Kita ada batas atas, apabila melampaui batas atas maka kami akan tegur dengan sanksi-sanksi yang tegas,” tegasnya.

Terkait ini, lanjut Budi, ada dua upaya yang dilakukan pemerintah untuk mengatasi kepadatan di bandara. Upaya pertama, menambah jumlah pesawat sehingga kapasitas penumpang yang bisa diterbangkan akan bertambah.

“Dari awal kita sudah lakukan ramp check dan memperbanyak pesawat. Sehingga jumlah yang bisa terbang itu lebih banyak,” ujarnya.

Upaya kedua, kata Budi, pemerintah juga menambah jam operasi bandara. Sebelumnya, bandara tutup pukul 16.00 kini diminta beroperasi hingga pukul 20.00.

“Bandara yang beroperasi hingga pukul 12.00 kini saya minta untuk beroperasi 24 jam. Kenapa, supaya rotasi pesawat itu memang bergerak lebih maksimal,” ucapnya.[rri]

BEKASI TOP