posbekasi.com

FIFA Rilis Tiga Finalis Pelatih Terbaik Dunia 2022

Finalis Pelatih Terbaik Dunia 2022, Lionel Scaloni (tengah), Carlo Ancelotti (kanan), dan Pep Guardiola (kiri). (Foto: fifa.com)

POSBEKASI.com | JAKARTA – Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA) telah merilis tiga besar kandidat calon peraih penghargaan pelatih terbaik dunia 2022. Ketiga nominasi tersebut adalah pelatih Timnas Argentina Lionel Scaloni, Carlo Ancelotti (Real Madrid), dan Pep Guardiola (Manchester City).

Awalnya FIFA menetapkan lima kandidat untuk dipilih dengan performa dihitung dari periode 8 Agustus 2021 hingga 18 Desember 2022. Namun daftar itu dikerucutkan menjadi tiga nama finalis.

Nama-nama ini dipilih oleh juri internasional. Meliputi pelatih Timnas pria, kapten Timnas, jurnalis, dan penggemar sepak bola yang memberikan suara di situs FIFA.

Mereka akan dinilai berdasarkan prestasi dan performa tim yang diasuh selama periode 8 Agustus 2021 hingga 18 Desember 2022. Nantinya, pemenang penghargaan ini akan diumumkan pada upacara digelar di Paris, 27 Februari 2023. ​

Seperti pada tahap sebelumnya, tiga nama di atas akan kembali dipilih oleh pelatih dan kapten Timnas serta jurnalis, dan para penggemar. Mereka akan memperebutkan gelar prestisius di dunia kepelatihan.

Guardiola merupakan langganan dalam nominasi ini. Kualitasnya sebagai pelatih jempolan tak perlu diragukan.

Namun peluang Guardiola untuk menjadi pemenang pada edisi kali ini relatif kecil. Itu karena dua pesaingnya punya prestasi yang lebih mentereng.

Ancelotti berhasil mengawinkan gelar LaLiga dan Liga Champions musim lalu bersama Real Madrid. Padahal kemampuannya sempat diragukan dan dianggap sudah menurun.

Sementara itu, Scaloni menjadi kuda hitam yang patut diwaspadai Ancelotti. Kesuksesan menjuarai Piala Dunia 2022 bersama Timnas Argentina menjadi modal utamanya.

Sementara itu, tiga kandidat pelatih terbaik wanita juga turut dirilis oleh FIFA. Mereka di antaranya ada Pia Sundhage (Brasil), Sarina Wiegman (Inggris), dan Sonia Bompastor (Olympique Lyonnais).

Selain penghargaan pelatih terbaik, FIFA juga memberikan nominasi untuk kategori Pemain Terbaik Pria dan Wanita. Selain itu, akan ada penghargaan pencetak gol terbaik FIFA Puskas Award.

Finalis Pelatih Terbaik Pria FIFA 2022;

Carlo Ancelotti (Italia/Real Madrid)

Pep Guardiola (Spanyol/Manchester City)

Lionel Scaloni (Argentina/Timnas Argentina)

Finalis Pelatih Terbaik Wanita FIFA 2022:

Sarina Wigeman (Belanda/Timnas Inggris)

Pia Sundhage (Swedia/Timnas Brasil)

Sonia Bompastor (Prancis/Lyon).[rri]

BEKASI TOP