posbekasi.com

Forum Anak Daerah Dorong Potensi Tumbuh Kembang Anak Menjadi Pelopor Lingkungan

Pendamping Forum Anak Daerah Kabupaten Bekasi dr. Adi Pranaya. [Posbekasi.com /Istimewa]

POSBEKASI.com | CIKARANG – Pendamping Forum Anak Daerah Kabupaten Bekasi dr. Adi Pranaya terus mendukung potensi tumbuh-kembang anak di bawah 18 tahun, dan mendorong agar anak-anak menjadi pelopor dan pelapor dalam perlindungan serta aktivitas yang bermanfaat bagi lingkungan sekitar.

dr. Adi Pranaya menjelaskan, pihaknya memiliki Forum Anak di desa Sukadami. selain itu juga punya rumah pintar inklusi, di mana rumah pintar itu memiliki banyak kegiatan.

“Yang suka menggambar kita buat sanggar batik, yang suka tari kita buat sanggar tari, yang suka beladiri kita buat sanggar beladiri,” jelas dr. Adi Pranaya dikutip dalam keterangannya, Senin 7 November 2022.

Selain kegiatan tersebut, Forum Anak khususnya di wilayah kerjanya (Cikarang Selatan) juga sering mengikuti event di tingkat Nasional.

“Anak-anak juga mempunyai prestasi, mereka juga ada yang bergabung dengan Saka Bakti Husada Pramuka, Posyandu Remaja dan sebagainya intinya semua anak-anak di bawah 18 tahun kita dukung,” katanya

Tak berhenti di situ, bersama dengan Pembina Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A) di tingkat kecamatan dan desa turut memberikan pendampingan atau mediasi bagi korban kekerasan, khususnya pada perempuan dan anak-anak.

“Dengan harapan tidak terjadi resiko kekerasan fisik, kekerasan verbal, baik secara langsung maupun tidak langsung dan melalui sosialisasi di media sosial,” ungkapnya.

Dia mengharapkan ke depannya Kabupaten Bekasi bisa memperkuat sisi hukum seperti Polisi atau Pengadilan Ramah Anak dan dapat terpenuhinya seluruh aspek hak dasar anak.

“Dan upayanya adalah mereka mendapat perlindungan, tempat tinggal, hak bicara dan hak hidup,” tandasnya.[*/YLA]

BEKASI TOP