posbekasi.com

Festival Gebyar Mer-Desa Edukasi Ciptakan Desa Mandiri

Asisten Pemerintahan dan Kesra Kabupaten Bekasi, Sri Enny Mainiarti. [Posbekasi.com /Istimewa]

POSBEKASI.com | CIKARANG – Asisten Pemerintahan dan Kesra (Asda 1) Kabupaten Bekasi, Sri Enny Mainiarti,d berharap Festival Gebyar Mer-Desa yang di gelar Patriot Desa sebagai program unggulan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Provinsi Jawa Barat dapat mengedukasi perangkat desa untuk memanfaatkan potensi di wilayahnya masing-masing.

“Kegiatan ini sengaja mengundang para camat dan kepala desa, untuk diajak mereview kembali perencanaan dan tujuan kemandirian desa. Semua stakeholder yang ada di desa harus bersama-sama dalam penyusunan perencanaan dan pelaksanaannya nanti,” ungkap Enny pada acara Festival Gebyar Mer-Desa di Graha Pariwisata, Komplek Stadion Wibawa Mukti, Cikarang Timur, Kamis 27 Oktober 2022.

Menurut Enny setiap desa harus memanfaatkan sumber daya yang ada, sehingga nanti pengembangan desa bisa lebih maksimal.

“Banyak potensi yang bisa digali di desa, baik dari SDM dan lainnya. Sehingga kami hari ini duduk bareng, agar bisa meningkatkan kualitas perencanaan desa melalui pendekatan partisipatif yang holistik menuju kemandirian desa di Kabupaten Bekasi,” katanya.

Desa yang mandiri kata Enny, bisa lebih leluasa untuk mengembangkan wilayahnya, sehingga akan meningkatkan kualitas SDM-nya.

“Nanti kalau desanya lebih mandiri akan memiliki kontribusi yang lebih besar untuk pembangunan desa dan masyarakatnya. Jadi tidak harus menunggu arahan dari pemkab atau pemerintah pusat,” katanya.[RDJ]

BEKASI TOP