posbekasi.com

Kantin Kejujuran SMPN 2 Tambun Selatan Didik Siswa Jujur

Siswa SMPN 2 Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi, memperlihatkan aplikasi QRIS di telepon genggam untuk jajan atau belanja di kantin kejujuran di sekolah mereka. [Posbekasi.com /Istimewa]

POSBEKASI.com | TAMBUN – Latih keuangan dan pendidikan karakter kejujuran siswa, Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 2 Tambun Selatan inovatif kantin kejujuran mengembangkan konsep jujur sejak dini.

“Kantin kejujuran melatih kejujuran peserta didik, karena jujur itu menyenangkan, sehingga sifat karakter peserta didik menjadi baik,” kata Kepala Sekolah SMPN 2 Tambun Selatan, Unang Pratama, di SMPN 2 Jalan Kebon Kelapa, Desa Tambun, Kecamatan Tambun Selatan, Senin 3 Oktober 2022.

Dikatakannya, para pedagang di kantin sekolah SMPN 2 Tambun Selatan, semuanya berasal dari waga sekitar yang menjual makanan dan minuman produk UMKM lokal.

“Tapi kita tentukan syarat-syaratnya, seperti makanan harus sehat, tidak menggunakan bahan yang berbahaya untuk kesehatan, seperti zat pewarna, serta makanan yang tidak kadaluwarsa,” ungkap Unang.

Unang berharap peserta didik bisa mengimplementasi nilai-nilai kejujuran secara baik, serta bisa menguatkan pendidikan karakter bagi para siswa.

Mengenai cara pembayaran di kantin kejujuran, Unang mengatakan peserta didik menggunakan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) secara digital.

“Kami sudah bekerjasama dengan pihak Bank BJB untuk peserta ketika mau bayar dengan menggunakan QRIS, nah di situ peserta didik tidak bisa berbohong,” terangnya. [ENA]

BEKASI TOP