Bekasi Online

Bus Listrik Rute Cikarang Utara – Bandara Soetta dan GCC – Stasiun Cikarang Segera Mengaspal

Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan dan Kadishub Kabupaten Bekasi R Yana Suyatna mencoba bus listrik usai upacara Hari Perhubungan Nasional ke-52 di Kantor Dishub Kabupaten Bekasi, Senin 27 September 2022. [Posbekasi.com /Istimewa]

POSBEKASI.com | CIKARANG – Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bekasi akan menggelindingkan mobil bus listrik transportasi yang akan dioperasikan perusahaan swasta melayani rute dari salah satu perumahan di Cikarang Utara menuju ke Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) Jakarta. Selain bus listrik, juga akan mengaspalkan mobil listrik unit kecil dengan rute Grand Cikarang City (GCC) menuju Stasiun Cikarang.

“Saat ini Kabupaten Bekasi membuktikan, apa yang dihimbau Pak Presiden kita lakukan sesuai arahannya,” kata Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Bekasi, R. Yana Suyatna usai upacara Hari Perhubungan Nasional ke-52 di Kantor Dishub Kabupaten Bekasi, Senin 27 September 2022.

Dikatakannya, kehadiran bus listrik sejalan dengan imbauan Presiden Joko Widodo yang mendorong hadirnya transportasi umum ramah lingkungan.

Dikatakannya, untuk tahun 2023 akan memprioritaskan mobil listrik koridor satu yang akan menghubungkan antara Jababeka dengan Stasiun LRT di Jatimulya.

“Bus listrik ini tidak menaikan dan menurunkan penumpang di jalan, tapi hanya berhenti di halte-halte (shuttle bus), untuk membiasakan kedisiplinan masyarakat,” ungkap Yana.

Kini, Dishub sedang mengembangkan tempat parkir kendaraan (park and ride) untuk mengurangi kendaraan pribadi masuk ke DKI Jakarta.

Di antaranya, lokasi di dekat Stasiun Cikarang dan Metland Tambun yang akan dijadikan park and ride, di sana masyarakat bisa menitipkan kendaraan dan berganti moda dengan kereta api.[YLA]

BEKASI TOP