Bekasi Online

Polisi Ringkus Penyedia Bibit Ladang Ganja di Gunung Karuhun

Ilustrasi

POSBEKASI.com | CIANJUR – Tersangka penyedia bibit ganja terakit penemuan ladang ganja seluas 10 hektar di kawasan Gunung Karuhun, Desa Cimenteng, Kecamatan Campaka, Kabupaten Cianjur, diringkus di  tempat persembunyian di wilayah Banten. Sementara delapan tersangka lainnya terus diburu.

“Tersangka H ini merupakan warga Campaka yang bertugas sebagai penyedia bibit ganja yang ditanam di kawasan Gunung Karuhun. Kita juga masih mengejar delapan orang tersangka lainnya yang saat ini identitas mereka telah kita kantongi,” kata Kapolres Cianjur, AKBP Doni Hermawan, kepada wartawan, Kamis 28 Juli 2022.

Menurutnya, berdasarkan hasil keterangan tersangka H mendapatkan bibit ganja dengan membeli secara daring.

“Kasusnya masih terus kita kembangkan, karena dari pengakuan tersangka, ladang ganja ini sempat panen dan dipasarkan. Kita akan kejar seluruhnya, termasuk pemodal dari kasus ini,” ungkap Doni.

Sebelumnya, puluhan hektar ladang ganja ditemukan di kawasan Gunung Karuhun, Kampung Pasir Leneng, Desa Cimenteng, Kecamatan Campaka, Kabupaten Cianjur, Selasa 28 Juni 2022.

Penemuan ladang ganja seluas 10 hektar itu, kali pertama ditemukan oleh seorang warga yang tengah mencari madu di kawasan Hutan Gunung Karuhun.

Kasat Narkoba Polres Cianjur AKP Maruf Murdianto mengatakan, lokasi ladang ganja tersebar di lahan seluas 10 hektar yang berada di kawasan Gunung Karuhun.

Dari kawasan itu, kata Maruf, polisi berhasil mengamankan sebanyak 500 batang tanaman ganja siap panen.

“Total lahan ganja yang sudah diidentifikasi seluas 10 hektar, dan ladangnya tersebar di beberapa titik di kawasan gunung tersebut. Sementara, kita berhasil amankan 500 batang tanaman ganja siap panen. Diperkirakan masih ada ribuan batang tanaman ganja lainnya,” kata Maruf.[AMH]

BEKASI TOP