Bekasi Online

Kampung Tangguh Ciketing Udik dan Kelurahan Mustikajaya Masuk Penilaian Tingkat Kota

Kabag Tapem Setda Pemerintah Kota Bekasi, Lia Erliani, melakukan penilaian Kampung Tangguh Jaya masuk penilaian tingkat Kota Bekasi, Rabu 27 Juli 2022. [Posbekasi.com /Istimewa]

POSBEKASI.com | MUSTIKAJAYA – Penilaian untuk Kampung Tangguh Jaya yang sudah masuk pada penilaian ke tingkat Kota Bekasi dengan masing masing Kecamatan di Kota Bekasi mengirimkan perwakilan dari tiap RW merupakan keterwakilan dari 12 Kecamatan yang telah dilakukan penilaian secara berjenjang dari Tingkat Kelurahan, tingkat Kecamatan dan pemenang tingkat kecamatan menjadi peserta pada Tingkat Kota Bekasi.

Tim penilai dari Pemerintah Kota Bekasi yakni dari Bagian Tata Pemerintahan Setda Kota Bekasi, Dinas Kesehatan, Diskopukm, Dinas Lingkungan Hidup, DKPPP dan gabungan dari unsur Kodim 0507 Bekasi dan Polres Metro Bekasi Kota.

Kabag Tapem Setda Pemerintah Kota Bekasi, Lia Erliani, Rabu 27 Juli 2022, menyampaikan Penilaian Lomba Kampung Tangguh Jaya terhadap RW yang ada di Kota Bekasi merupakan apresiasi sebagai bentuk penghargaan terhadap Kinerja RW dan jajaran serta seluruh warga masyarakat untuk mewujudkan RW yang tangguh Kesehatan, tangguh Keamanan Ketertiban, tangguh Ekonomi dan Ketahanan Pangan, tangguh Pengelolaan Lingkungan Hidup, dan Tangguh penanggulangan bencana

Sebagai bentuk motivasi untuk Juara Lomba Kampung Tangguh Jaya Pemerintah Kota Bekasi memberikan berbagai macam hadiah di antaranya mobil ambulance, gerobak motor, dan lain lain yang akan di berikan langsung oleh Plt Walikota Bekasi pada acara Puncak HUT RI.

Terbagi dalam dua sesi kunjungan yakni pada sesi pagi di RW 9 Kelurahan Ciketing Udik Kecamatan Bantargebang dan sesi siang berada di RW 23 Kelurahan Mustika Jaya Kecamatan Mustika Jaya.

Sesi pertama dilakukan pada pukul 09.00 Wib berada di RW 9 Kelurahan Ciketing Udik dengan sambutan dari tari tanggai untuk penerimaan para tim juri dari kampung tangguh ini. Penilaian kampung tangguh jaya ini berdasarkan dengan 5 indikator fokus diserap lingkungan yang ada, diantaranya Keamanan dan Ketertiban, Lingkungan Hidup, Kesehatan, Penanggulangan Bencana dan Ketahanan Pangan.

Ketua RW 09 Kelurahan Ciketing Udik Kecamatan Bantargebang yang menerima para tim penilai dari kampung tangguh jaya ini mengucapkan terima kasih atas kehadiran tim penilai dengan harapan pemaparan yang disampaikan bisa menjadi referensi sebuah kemenangan dan terpilih menjadi juara dari 12 Kecamatan yang ada di Kota Bekasi.

“Dalam RW 9 ini, hal pertama Covid 19 telah memberlakukan lockdown pertama dan juga menyajikan vaksin pertama untuk warga di Kota Bekasi, dan kami sangat menyiapkan untuk kampung tangguh jaya ini dari semua aspek indikator sehingga pemenuhan dari sebuah kemenangan kita sajikan begitu rapi” kata Ketua RW 09 Kelurahan Ciketing Udik.

Saat menjalani sesi kedua, berlokasi di RW 23 Kelurahan Mustika Jaya, paparan juga telah dilakukan oleh Ketua RW setempat yang telah menyampaikan bahwa kampung tangguh jaya ini telah dipersiapkan pada perumahan Taman Pesona Bumyagara, dengan kelengkapan indikator penilaian yang telah diisi sebagai salah satu faktor menuju kemenangan perwakilan dari Kecamatan Mustika Jaya ini.

“Kami pun telah menyiapkan indikator penilaian ini, salah satunya kami mempunyai rumah sehat yang isi nya pohon yang indah, dan kami juga mempunyai beberapa umkm yang kreatif sehingga keaktifan anggota PKK di wilayah sini untuk mengajak warga kreatif” kata Ketua RW 23.

Tim penilai kampung tangguh jaya 2022 ini yang dikomandoi oleh Kepala Bagian Tapem Pemkot Bekasi menyatakan bahwa beberapa indikator telah dipenuhi oleh kedua perwakilan dari Kecamatan Bantargebang dan Kecamatan Mustika Jaya ini.

“Masih ada beberapa Kecamatan lagi yang akan dinilai dalam Kampung Tangguh Jaya ini, semua telah melengkapi indikator penilaian, dan semoga dengan penilaian ini akan menghasilkan kemenangan yang terbaik” kata Lia Erliani.

“Selanjutnya masih ada beberapa RW di 10 kecamatan lainnya yang akan dinilai dalam Lomba Kampung Tangguh Jaya dan semua telah melengkapi semua indikator penilaian, semoga dengan pelaksanaan penilaian ini dapat menjadi motivasi untuk mewujudkan RW yang tangguh dan mandiri,” tutup Lia.[ISH]

BEKASI TOP