Bekasi Online

Hoki Indonesia Ukir Sejarah, Syahrir: Atlet Jabar Harumkan Bangsa

Atlet hoki Jabar yang tergabung dalam Timnas Hoki Indonesia, Akbar dkk, mengirim foto dan pesan melalui jejaringan WhatsApp kepada Ketua Federasi Hockey Indonesia (FHI) Provinsi Jawa Barat, H. Syahrir, SE, M.IPol, setiba di Bandara Soekarno – Hatta, Jakarta, usai mengikuti babak kualifikasi hoki Asian Games yang digelar di Bangkok, Thailand, pada 5 – 15 Mei 2021, membawa pulang medali perunggu, Selasa 17 Mei 2022. [Posbekasi.com /Istimewa]

POSBEKASI.com | BANDUNG –  Baru sebulan didaulat sebagai Ketua umum Federasi Hockey Indonesia (FHI) Provinsi Jawa Barat, periode 2022 – 2026, H. Syahrir, SE, M.IPol, berhasil mengukir prestasi melalui atlet hoki Jabar yang mengharumkan nama bangsa di kancah internasional melalui Timnas hoki Indonesia membawa pulang medali perunggu dari babak kualifikasi hoki Asian Games yang digelar di Bangkok, Thailand, pada 5 – 15 Mei 2021. Peringkat ketiga itu direbut Timnas hoki setelah berhasil menaklukkan Thailand dengan skor tipis 4-3.

“Sangat membanggakan, tidak saja nama Jabar tapi tim kita (Jabar) yang bergabung di Timnas mengharumkan nama Indonesia. Sejarah ini menjadi motivasi FHI Jabar khususnya untuk lebih meningkatkan dan mencetak prestasi atlet hoki kita ditingkatkan dunia,” kata Syahrir ketika dihubungi, Selasa 17 Mei 2022.

Syahrir yang juga anggota DPRD Provinsi Jawa Barat ini diberi kepercayaan memimpin FHI Jabar oleh 18 dari 21 Pengurus Cabang (Pengcab) Jabar yang hadir di Musyawarah Provinsi FHI Jabar, pada April 2022 lalu.

“Hari tepat satu bulan kepemimpinan saya di FHI sungguh luar biasa persembahan dari atlet Timnas khususnya atlet hoki Jabar mengukir prestasi di kancah internasional,” ucap politisi senior Partai Gerindra itu.

Halnya, awal menerima tanggung jawab memajukan FHI Jabar, Syahrir mengatakan merupakan tanggung jawab besar menjadi Ketua FHI Jabar.

“Kepercayaan ini InsyaAllah bersama pengurus nantinya dan seluruh Pengcab bisa dilaksanakan dengan sebaik mungkin,” kata Syahrir usai menerima hasil musyawarah FHI Jabar yang dilangsungkan di Hotel Santika, Kota Bandung, pada Ahad 17 April 2022.

Dalam tempo singkat, Syahrir yang fokus pada penigkatan sumber daya manusia (SDM) atlet, pelatih, serta wasit untuk lebih memperkuat hoki Jabar mulai membuahkan hasil dengan membanggakan Indonesia.

Meski diakuinya, memimpin FHI bukanlah hal gampang untuk meningkat prestasi terutama mempertahankan juara pada Pekan Olahraga Nasional (PON) di cabang olahraga (cabor) hoki, Jabar selalu jadi juara umum.

“Tentunya raihan dua kali berturut turut hoki Jabar juara umum di PON, untuk mempertahankannya bukanlah hal mudah. Kita harus bisa mempertahankan gelar juara umum dan kami siap menjawab tantangan ketua sebelumnya untuk bisa mempertahankan juara umum PON dan bisa meraih 3 emas di PON,” katanya.

Tim Nasional Hoki Indonesia telah menunjukkan prestasi di kancah Asia. Bukan hanya meraih tiket ke Asian Games 2022 Hangzhou  tetapi Pasukan Garuda yang diasuh pelatih asal Malaysia, Dhaarma Raj mampu membawa pulang medali perunggu pada babak kualifikasi Hoki Asian Games yang digelar di Bangkok, Thailand, 5-15 Mei 2022.

Medali Pertama

Timnas Hoki Indonesia yang kalah 0-2 dari Oman pada babak semifinal meraih perunggu setelah mengalahkan Thailand dengan skor 4-3 dalam perebutan peringkat ketiga. Sedangkan Oman merebut gelar juara setelah mengalahkan Bangladesh dengan skor 6-1.

Ketua Umum PP FHI, Mayjen Budi Sulistijono, mengatakan prestasi ini baru pertama diraih sejak hoki berdiri di Indonesia.

Mayjen Budi Sulistijono mengharapkan dukungan pemerintah dalam hal ini Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora). Sebab, tiket ke Asian Games 2022 Hangzhou itu diperoleh melalui babak kualifikasi seperti halnya tiket ke Olimpiade.

“Kami mengharapkan Kemenpora memberikan dukungan terhadap Timnas Hoki Indonesia untuk melakukan persiapan menuju Asian Games 2022 Hangzhou. Karena, tiket yang diraih Timnas Indonesia berdasarkan prestasi yang diperoleh pada babak kualifikasi seperti halnya Olimpiade,” kata Mayjen Budi Sulistijono dikutip dalam keterangannya, Ahad 15 Mei 2022.

Sebelumnya, Sekjen Pengurus Pusat Federasi Hoki Indonesia (PP FHI), Yasser Arafat Suaidy, mengatakan kerja keras PP FHI akhirnya berbuah hasil. Timnas Hoki Indonesia bukan hanya memastikan tiket ke Asian Games 2022 Hangzhou tetapi juga tercatat untuk pertama kali meraih medali perunggu pada single event kualifikasi Asian Games. Ini prestasi yang membanggakan,” kata  Yasser Arafat Suaidy.

Yasser mengatakan perjuangan Timnas Hoki Indonesia cukup berat.

“PP FHI mengapresiasi perjuangan anak-anak yang tampil luar biasa. Tidak mudah meraih medali perunggu ketiga dengan mengalahkan Thailand,” katanya.[POB]

BEKASI TOP