Bekasi Online

Patriot Desa Dampingi Pemdes untuk Lebih Inovatif

Patriot Desa mendampingi pemerintah desa agar lebih inovatif dalam menuangkan program kemasyarakatan di 11 desa Kabupaten Bekasi, Senin 17 Januari 2022. [Posbekasi.com /IST]

POSBEKASI.com | CIKARANG – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Bekasi, berharap Patriot Desa dapat membantu dan mendampingi Pemerintah Desa (Pemdes) agar lebih inovatif dalam menuangkan program kemasyarakatan.

Kapala Bidang Kelembagaan Desa pada DPMD Kabupaten Bekasi, Mien Aminah mengatakan Patriot Desa memiliki tugas sebagai motor penggerak pemerintah desa maupun masyarakat dalam membantu menggali aspek-aspek yang menjadi potensi desa agar semakin maju dan berkembang.

“Kami berharap hadirnya Patriot Desa dapat membantu pemerintah desa untuk dapat menggali potensi-potensi di desa tersebut, agar karakteristik desa dapat menjadi jati diri dari desa yang bersangkutan,” ucap Mien Aminah, Senin 17 Januari 2022.

Dirinya menjelaskan, untuk tahun ini, ada 11 desa di Kabupaten Bekasi yang akan didampingi oleh Patriot Desa. “Mereka sudah dibekali berbagai keahlian yang akan sangat bermanfaat bagi desa-desa di Kabupaten Bekasi,” katanya.

Adapun 11 desa tersebut yakni Desa Gandasari, Desa Gandamekar, Desa Kalijaya dan Desa Cikedokan Kecamatan Cikarang Barat.

Kemudian Desa Burangkeng, Desa Cijengkol dan Desa Cikarageman Kecamatan Setu. Desa Muarabakti, Desa Bunibakti dan Desa Kedungjaya Kecamatan Babelan. Selanjutnya Desa Karangsatria dari Kecamatan Tambun Utara.

Mien menyebutkan, salah satu tugas Patriot Desa adalah mengawal pemerintah desa terhadap kemajuan teknologi agar digitalisasi desa dapat tercapai merata di Kabupaten Bekasi.

“Digitalisasi desa memiliki peran penting terhadap pengembangan teknologi digital dalam rangka meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat maupun terhadap kemajuan ekonomi bagi desa tersebut,” katanya.[GHA]

BEKASI TOP