Bekasi Online

Jembatan “Kuning” Kali Jambe jadi Icon Baru Bekasi

Jembatan Kali Jambe berwarna kuning penghubung dua desa antar kecamatan di Kabupaten Bekasi, sudah bisa dilalui untuk pergerakkan lintas masyarakat sejak diresmikan pada Kamis 6 Januari 2022. [Posbekasi.com /IST]

POSBEKASI.com | TAMBUN – Jembatan Kali Jambe berwarna kuning dengan logo Pemkab Bekasi penghubung Desa Mangunjaya, Kecamatan Tambun Selatan, dengan Desa Satriajaya, Kecamatan Tambun Utara, kini dapat dilintasi pergerakan masyarakat dalam beraktifitas sehari-hari.

Plt. Bupati Bekasi Akhmad Marjuki bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Bekasi yang meresmikan Jembatan Kalijambe tidak menyebutkan detail anggaran yang digunakan untuk membangun jembatan tersebut. Hanya saja, Akhmad Marjuki menyatakan pembangunan tersebut bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun 2021.

“Pembangunan Jembatan Kali Jambe ini diperuntukkan bagi masyarakat Kabupaten, terutama untuk warga sekitar yang setiap hari berlalu lalang dalam melakukan kegiatan,” kata Marjuki saat meresmikan Jembatan Kali Jambe, Kamis 6 Januari 2022.

Marjuki berharap jembatan penghubung antar desa kecamatan itu sangat dinanti masyakarat dapat memperlancar mobilitas sehari-hari turut menjaga dan merawat jembatan yang menjadi icon baru bagi warga kedua kecamatan, sehingga terjaga keindahannya dan dapat dimanfaatkan untuk jangka waktu panjang.

“Rawatlah jembatan ini, jangan sampai terjadi tindakan yang tidak bertanggung jawab yang dapat merubah atau merusak bangunan jembatan. Karena Jembatan Kali Jambe ini dapat mengundang semua mata yang memandang yang juga sebagai icon baru di dua wilayah,” ucapnya.

Sementara, Kepala Dinas Sumber Daya Air Bina Marga dan Bina Konstruksi Kabupaten Bekasi, Iwan Ridwan, mengatakan pembangunan jembatan Kali Jambe berfungsi mencegah terjadinya banjir.

“Konstruksi jembatan sebelumnya mempunyai tiang di tengah jembatan, sehingga banyak sampah yang terbawa air tersangkut yang mengakibatkan banjir. Jembatan sebelumnya juga sudah berusia 20 tahun sehingga terjadinya penurunan kualitas,” terangnya.[GHA]

BEKASI TOP