Bekasi Online

Makam Pahlawan Nasional Mayor Hasibuan

Makam Pahlawan Nasional Mayor Madnuin Hasibuan di Komplek Pemakaman Al Barkah, Kota Bekasi. [Posbekasi.com /Redaksi]

POSBEKASI.com | BEKASI – Tak terkenal seperti nama jalannya, Mayor Hasibuan yang menyambung Jalan KH Noer Alie (Kalimalang) membelah jalan Ahmad Yani, dari sisi kanan Mega Mal Bekasi sampai SMP Negeri 2 Kota Bekasi, kemudian disambung Jalan Chairil Anwar, kerap dilintasi masyarakat, namun berbalik 180 derajat ketika ditanya siapa Mayor Hasibuan?

Makam Almarhum Mayor Hasibuan (lahir 1922, wafat 1961) berdampingan dengan sang Almarhumah istri Hasanah (lahir 1925, wafat 1959), sangat sederhana, berada di paling selatan bila ditarik garis lurus persisi di belakang mimbar Masjid.

Mayor Hasibuan merupakan Pahlawan fenomenal, selain berjuang untuk Rakyat Bekasi pada zaman penjajahan Belanda, oleh Pemerintah kepemimpinan Soeharto menjadikan sang Tentara Keresidenan Jatinegara, Jakarta Timur, ini menjadi Pahlawan Nasional. Namun, di sisi lain entah fenomena apa yang merasuki kita sebagai rakyat tak mengenal Pahlawan Mayor TNI Madnuin Hasibuan, bahkan pejabat dan orang Bekasi pun banyak tak tahu sepak terjang sang Patriot membela tanah Bekasi (_Indonesia_). Apalagi, pejabat dari dan asal Sumatera Utara, tak banyak mengenal sang Pahlawan yang berjuang mempertaruhkan nyawanya bersama tandemnya KH Noer Alie.

Dibandingkan dengan nama KH Noer Alie yang disematkan menjadi Pahlawan Nasional oleh Pemerintah Soeharto diujung akhir masa jabatannya sebelum Reformasi, sangat tersohor di Bekasi dan bumi Sunda ini. Ditilik dari sejarah, Mayor Madnuin Hasibuan lebih dahulu menjadi Pahlawan Nasional, namun kabar berita dan kedigjayaan memimpin startegi peperangan di zaman Belanda tak banyak diketahui. Mirisnya lagi, makam sang Pahlawan ini pun baru ditemukan pertengahan tahun 2021.

Sejarah Bekasi, Enam Tokoh Berjasa

Selepas shalat Dzuhur di Masjid Al Barkah Kota Bekasi, Tim Redaksi Posbekasi.com, berziarah ke Makam Pahlawan Nasional Mayor Madnuin Hasibuan di komplek pemakaman Al Barkah, Selasa 4 Januari 2022.

Saat berziarah, Tim Redaksi Posbekasi.com ditemani penjaga Makam Komplek Al Barkah, Suhandi yang memegang kunci kemudian menunjukan makam sang Pahlawan.

Di sisi kanan makam Mayor Hasibuan terpancang bendera merah putih dengan sebatang bambu.

Menurut keterangan Suhandi, bendera merah putih ini dipancangkan oleh anggota TNI yang beberapa waktu lalu datang berziarah, dan Pemerintah Kota Bekasi juga sudah datang melihat makam Mayor Hasibuan.

“Belakang ada beberapa anggota TNI, wartawan, dan pemerintah Kota Bekasi juga datang kepemakaman ini. Saya juga kurang paham bagaimana perjuangan dan cerita Mayor Hasibuan,” terang Suhandi.

Makam Mayor Hasibuan yang berada di tengah Kota Patriot (Bekasi) ini tak banyak dikunjungi orang. Namun, setelah ditemukannya makam Mayor Hasibuan, Pemerintah Kota Bekasi yang tengah membangun Taman Alun Alun persis berada di depan antara Masjid Al Barkah dan RSUD Kota Bekasi mendaulatnya menjadi Alun Alun M Hasibuan.[Redaksi]

BEKASI TOP