Bekasi Online

38 Ribu Pekerja Kabupaten Bekasi Gaji Dibawah UMK Terima Dana Bantuan Subsidi Upah

Disnaker Kabupaten Bekasi menyerahkan bantuan BSU kepada pekerja di bawah UMK, Kamis (30/9/2021). [Posbekasi.com /Newsroom]

POSBEKASI.COM | CIKARANG – Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Bekasi memastikan program Bantuan Subsidi Upah (BSU) untuk para pekerja dari pemerintah pusat tepat sasaran.

Sampai saat ini, pencairan BSU sudah terealisasikan sebanyak 38 ribu dari target 76 ribu pekerja penerima bantuan subsidi tersebut.

“Kita sosialisasikan kepada buruh yang ada di Kabupaten Bekasi dan memastikan program BSU itu tepat sasaran,” jelas Kadisnaker Kabupaten Bekasi, Suhup, Kamis (30/9/2021).

Bahkan Disnaker juga telah terjun ke lapangan untuk memastikan pencairan bantuan tersebut. Salah satunya, menyerahkan bantuan tersebut secara seremoni melalui bank yang telah diberikan mandat mentransfer bantuan subsidi upah tersebut.

“Ya di tahun 2021 itu yang boleh menerima BSU itu dengan gaji Rp3,5 juta,” katanya.

Selain itu juga ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi seperti telah terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan.

Sementara itu, menyinggung berapa jumlah data perusahaan dimana karyawannya telah menerima BSU, Suhup menjelaskan jika data tersebut langsung ke pemerintah pusat.

“Untuk data perusahaan kami belum tahu karena datanya terhubung langsung ke pemerintah pusat,” ujarnya.

Selain itu, Disnaker juga mengakui tidak ada kendala dalam proses penyaluran dana BSU tersebut ke pekerja di Kabupaten Bekasi.

“Inginnya kita itu di kuota, sebab buruh di Kabupaten Bekasi paling banyak. Meskipun para pekerja kita UMK-nya Rp4,7 juta kenyataannya masih ada pekerja yang menerima upah di bawah Rp3,5 juta,” tandasnya.[JAL]

BEKASI TOP