Bekasi Online

Camat Cikarang Utara Minta Warga Dokumentasikan Pembuang Sampah

Penjabat Bupati Bekasi Dani Ramdan saat melakukan sidak ke Sungai Cilemahabang yang tercemar limbah, Jumat (10/9/2021). [Posbekasi.com /IST]

POSBEKASI.COM | CIKARANG – Muspika Kecamatan Cikarang Utara melaksanakan kegiatan Jumat Bersih (Jumsih) dengan mengangkat sampah menyumbat aliran Sungai Cilemahabang, Jumat (10/9/2021).

Camat Cikarang Utara, Enop Can mengatakan kegiatan dilakukan untuk mengatasi sampah rumah tangga dan eceng gondok yang menumpuk sehingga menghambat aliran Kali Cilemahabang.

“Kegiatan Jumat bersih ini sudah dilakukan secara rutin sejak lama. Sasarannya adalah Kali Ulu, yakni mengangkat sampah dan eceng gondok yang menumpuk,” katanya.

Enop Can mengatakan selain bersih-bersih sungai, pihaknya akan memberdayakan peran RT untuk memantau warga agar tidak membuang sampah ke sungai.

“Kita akan berlakukan sanksi yang tegas untuk warga atau pihak manapun yang membuang sampah ke sungai,” ujarnya.

Dalam mengawasi keberhasilan sungai, pihaknya akan bekerjasama dengan Polsek, Koramil dan aparatur Desa Karang Asih .

“RT atau siapapun yang melihat orang yang buang sampah ke sungai, harap  didokumentasikan dan dilaporkan ke Muspika Kecamatan Cikarang Utara. Kita akan berikan sanksi agar permasalahan sampah ini dapat teratasi dengan baik,” katanya.

Enop Can berharap kegiatan bersih-bersih sungai ini dapat menciptakan lingkungan yang sehat. Terlebih warga sekitar juga menggunakan air Kali Cilemahabang untuk keperluan MCK (Mandi, Cuci, Kakus).

“Ya, kita ingin agar ekosistem terjaga dengan baik, terhindar dari pencemaran lingkungan dan bermanfaat bagi warga sekitar yang masih bergantung pada air sungai untuk keperluan sehari-hari,” ucapnya.[ETH]

BEKASI TOP