posbekasi.com

Bandara Soetta Sediakan Ambulans Terbang Evakuasi Cepat Pasien

Bandara Soekarno-Hatta meluncurkan layanan inovatif Ambulans Terbang untuk proses evakuasi medis menggunakan helikopter di Cengkareng Heliport, Bandara Soekarno-Hatta, Senin (23/8/2021). [Posbekasi.com /IST]

POSBEKASI.COM | JAKARTA – Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang Kota meluncurkan layanan inovatif bernama ambulans terbang untuk proses evakuasi medis (medical evacuation atau medevac) dengan menggunakan helikopter.

President Director of PT Angkasa Pura (AP) II Muhammad Awaluddin menjelaskan helikopter medevac tersebut akan dioperasikan Whitesky Aviation di Cengkareng Heliport, Bandara Soekarno-Hatta.

Nantinya, ambulans terbang akan mengantarkan pasien dari Cengkareng Heliport ke rumah sakit rujukan yang berada di Jabodetabek.

“Semangat dari medevac ini tergambar dengan menyediakan transportasi medis yang cepat melalui penerbangan helikopter, sehingga pasien dapat dengan cepat mendapat penanganan yang lengkap di rumah sakit yang ada di Jabodetabek,”  ujar Awaluddin, Senin (23/8/2021).

Awaluddin menyebut, peluncuran ambulans terbang yang digagas Bandara Soetta ini dapat mengakomodir kebutuhan khususnya dalam pelayanan medis. Layanan ambulans terbang ini dapat digunakan penumpang pesawat yang mendarat di Bandara Soekarno-Hatta dan membutuhkan penanganan medis ataupun masyarakat umum.

“Kami berharap, layanan medevac ini dapat bermanfaat bagi masyarakat yang terkait dengan aspek medis,” jelasnya.

Di sisi lain, CEO Whitesky Aviation, Denon Prawiraatmadja mengungkap pihaknya menyediakan dua jenis helikopter untuk digunakan sebagai layanan ambulans terbang. Masing-masing helikopter yakni jenis Bell 429 dan Bell 505 yang dilengkapi dengan tenaga dan peralatan medis.

Bagi masyarakat yang membutuhkan layanan ambulans terbang tersebut, dapat mengunjungi situs resmi www.whitesky.co.id.

“Dua helikopter ini telah dilengkapi tim medis dan perlengkapannya sesuai dengan kebutuhan, untuk memastikan pasien mendapatkan penanganan yang terbaik selama perjalanan menuju rumah sakit,” tandas Denon.[ETH]

BEKASI TOP