Bekasi Online

Resmi Dihentikan, Badan POM Uji Keamanan Vaksin AstraZeneca Batch CTMAV547

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito.[Posbekasi.com/Satgas Covid-19]

POSBEKASI.COM | JAKARTA – Pemerintah resmi menghentikan penggunaan vaksin AstraZeneca dengan nomor _batch_ CTMAV547. Menurut Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito, penghentian ini merupakan bentuk kehati-hatian pemerintah untuk memastikan keamanan vaksin ini.

“Selama penghentian ini, Badan Pengawas Obat dan Makanan (POM) akan melakukan pengujian toksisitas dan sterilitas untuk memastikan keamanan vaksin,” Wiku dalam keterangan pers Perkembangan Penanganan Covid-19 di Graha BNPB, Selasa (18/5/2021).

Terkait vaksin ini, Wiku menegaskan bahwa tidak semua _batch_ vaksin AstraZaneca yang dihentikan penggunaannya. Vaksin AstraZaneca dari _batch_ lain saat ini masih digunakan dalam program vaksinasi. Terutama bagi masyarakat yang baru 1 kali menerima dosis vaksin. Hal ini demi mencapai kekebalan individu yang sempurna dengan dosis vaksin kedua.

Bahkan saat ini sudah ada studi yang menyatakan bahwa menggunakan vaksin berbeda dapat dilakukan. Namun sejauh ini, di Indonesia belum ada rencana untuk melakukannya. Indonesia selalu melakukan pengawasan terhadap Kejadian Ikutan Paska Imunisasi (KIPI) yang ada di lapangan.

Dan masyarakat perlu memahami, bahwa vaksinasi Covid-19 tidak bisa mengurangi peluang sakit atau kematian akibat faktor lainnya yang dimungkinkan sudah dimiliki sebelumnya oleh penerima vaksinasi.[REL]

BEKASI TOP