posbekasi.com

Pemkot Jambi Tiru Tata Kelembagaan Pemkot Bekasi

Kunjungan kerja  Pemkot Jambi ke Pemkot Bekasi untuk mencotoh tata kelola kelembagaan, Rabu 30 Januari 2019.[IST]
POSBEKASI.COM | KOTA BEKASI – Pemerintah Kota Jambi melakukan kunjungan kerja ke Pemkot Bekasi untuk mencotoh tata kelola kelembagaan di Pemkot Kota. Beberapa persoalan menjadi fokus Pemkot Jambi, terutama persoalan tanah.

“Kami ingin menata kelembagaan yang ada di Pemkot Jambi. Kami berharap apa yang sudah dilakukan Pemkot Bekasi dapat kami tiru untuk diterapkan di Pemkot Jambi,” kata Asisten Pemkot Jambi, H.Muqlis, sekalgus memimpin rombongan Pemkot Jambi di terima langsung Asisten Perekonomian, Pembangunan dan Kesejahteraan Masyarakat Kota Bekasi, Kariman beserta Kabag Organisasi Setda Kota Bekasi di Pemkot Bekasi, Rabu 30 Januari 2019.

Menurut Muqlis, Kota Jambi merupakan kota perdagangan dan perindustrian memliki 11 kecamatan dan 52 kelurahan yang beberapa persoalan dihadapi saat ini menjadi fokus Pemkot Jambi terutama persoalan tanah.

“Untuk persoalan tanah di Kota Jambi belum terfokus kepada satu OPD, masih melibatkan beberapa OPD dalam menyelesaikan persoalan-persoalan menyangkut tanah. Kedatangan kami ke Kota Bekasi untuk belajar dan menata kelembagaan agar persoalan tanah dapat di selesaikan atau terfokus satu OPD, seperti di Pemkot Bekasi ini,” katanya.

KLIK : Menyimak Pasca Program 100 Hari Kerja Pepen – Tri

Asisten Perekonomian, Pembangunan dan Kesejahteraan Masyarakat Kota Bekasi, Kariman, menjelaskan perlu adanya penggabungan beberapa dinas mengurus bagian pertanahan. Alasan utamanya, selain lahan Kota Bekasi yang terbatas hanya 210 Km² serta rumitnya persoalan tanah dapat menjadi solusi OPD yang terfokus menyelesaikan masalah tanah.

“Tadinya, bagian pertanahan berada di bawah sekretariat daerah, setelah adanya PP No.18 untuk urusan pertanahan dialihkan ke Disperkimtan menjadi bidang,” katanya.[ISH/POB]

BEKASI TOP